SOLOPOS.COM - Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) menjadi salah satu pasukan dalam upacara HUT TNI ke-69 di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Jogja, Selasa (7/10/2014). (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Lanud Adisutjipto membuka pendidikan sekolah pertama bintara

Harianjogja.com, SLEMAN- Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, membuka pendidikan sekolah pertama bintara TNI AU (Semaba TNI AU) angkatan ke 41 di Lapangan Jupiters, Kamis (8/9/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan dibukanya pendidikan Semaba TNI AU angkatan 41 ini sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan perosnel TNI AU, khususnya untuk golongan Bintara wanita,” ujar Imran, Jumat (9/9/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Dikatakannya, pendidikan Semaka angkatan 41 ini diikuti oleh 60 siswa yang berasal dari lulusan pelajar SMA dari seluruh daerah di Indonesia. Selama lima bulan kedepan para siswa akan mendapatkan pendidikan dan pelajaran antara lain pendidikan dasar kemiliteran, pengetahuan kematraan udara, materi keuangan, dan materi kewanitaan dan pengembangan kepribadian.

Sementara itu Kadispers lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Dedy Susanto mengatakan sebagai pemenuhan personel TNI AU, unsur kualitas juga sangat diutamakan. Untuk itu, kata dia, sebelum diterima mengikuti pendidikan, para calon siswa harus mengikuti seleksi yang ketat meliputi tes kesehatan, pemeriksaan psikologi, kesamaptaan jasmani, pendidikan personel, administrasi, dan skrinning POM.

“Seleksi sangat ketat karena kami mengedepankan kualitas dari masing-masing calon siswa,” ujar dia.

Terpisah, Komandan skadik 105 letkol Sus Palupi Rahayu menyampaikan sebagai calon prajurit wanita, Wanita Angkatan Udara (Wara) nantinya sebagai prajutir harus memiliki sikap profesional sebagai prajurit TNI AU, memiliki kepribadian, memiliki pergaulan yang sehat, luwes, dan beretika.

“Dengan demikian para calon siswa harus sudah berpegang teguh untuk identitas dan jiwanya dengan motto “Kanya Bhakti Sakti Sejati”,” kata dia.

Atau dengan artian, para prajurit wanita, meraka akan selalu mengabdikan diri dengan kemampuan dan keahliannya secara profesional kepada TNI AU dan negara Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya