Surah-Surah yang Sering Dibaca oleh Ibu Hamil

Hasil penelitian menyebut, bacaan Al-Quran dapat memaksimalkan pertumbuhan otak janin.

 Ilustrasi ibu hamil membawa Alquran. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil membawa Alquran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO -- Memiliki anak yang sehat, cerdas, dan soleh tentunya menjadi dambaan setiap orang tua muslim. Karenanya, setiap orang tua akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik anaknya menjadi seperti yang mereka harapkan. Namun tahukah Anda, bahwa upaya ini bisa dimulai sejak sang anak masih di dalam kandungan?

Salah satu caranya yakni dengan sering memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran kepada anak bahkan saat dia masih di dalam Rahim sang ibu. Hasil penelitian dari Muhammad Salim yang dipublikasikan di Universitas Boston, Amerika Serikat menyebutkan, bacaan Al-Quran dapat memaksimalkan pertumbuhan otak sang janin.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ibu yang sedang hamil cenderung mengalami perubahan hormonal yang berpengaruh pada kondisi emosinya. Karenanya tak jarang kita menemukan ibu hamil yang lebih sensitif, mudah cemas, dan sering gelisah. Kesemua hal tersebut dari penelitian yang sama disebutkan bisa ditangani dengan bacaan Al-Quran. Dengan rajin mendengarkan bacaan Al-Quran, dapat memberikan ketenangan. Karenanya, ibu hamil sangat disarankan untuk sering-sering membaca Al-Quran.

Ada sejumlah surah-surah yang secara tradisi disarankan untuk sering dibaca oleh ibu yang sedang mengandung, walaupun secara ilmu hadits perlu diteliti lagi keabsahannya. Di antaranya:

1. Surat Yusuf

Nabi Yusuf AS dikenal sebagai nabi yang paling rupawan dan berperilaku mulia. Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa kerupawanan Nabi Yusuf membuatnya dikagumi dan masyhur di masanya. Karenanya, membaca surah Yusuf saat hamil dipercaya membuat bayi yang dikandung bisa serupawan dan memiliki akhlak mulia layaknya Nabi Yusuf AS.

2. Surah Al Fatihah

Alfatihah yang dikenal juga dengan sebutan Ummul Qur’an termasuk salah satu surah paling mulia. Membaca Alfatihah merupakan syarat syahnya salat. Surah AlFatihah diyakini bisa menenangkan hati dan menguatkan daya ingatan. Karenanya, surah ini konon dianjurkan untuk sering dibaca oleh ibu yang sedang hamil. Agar kelak anak yang dikandungnya memiliki ketenangan hati dan daya ingat yang kuat.

3. Surah Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan surah terpanjang dalam AlQur’an, yakni terdiri dari 286 ayat. Di dalamnya banyak sekali ayat-ayat mulia yang berisikan pelajaran berharga bagi mereka yang mempelajarinya. Salah satunya adalah ayat 128, yang banyak dianjurkan untuk sering dibaca oleh ibu hamil.

Ayat 128 dalam Surah Al Baqarah sejatinya adalah doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim AS ketika bersama putranya Nabi Ismail AS, yang berbunyi.

Rabbanaa waj ‘ainaa muslimaini wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka wa arina manaasikanaa wa tub ‘alainna innakan antattawwaabur rahiim”.

Yang artinya,

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau, dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang patuh terhadap engkau, dan tunjukilah kami tata cara melaksanakan ibadah, dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”.

4. Surah Yasin

Surah Yasin merupakan surah ke-36 yang berisikan 83 ayat. Surah ini diyakini memiliki banyak keutamaan terutama jika sering dibaca oleh ibu hamil. Membaca Surah Yasin dilakukan oleh ibu yang ingin anaknya memiliki ketenangan hati dan jauh dari godaan setan.

5. Surah Maryam

Surah ke-19 yang terdiri dari 89 ayat ini sering dibaca oleh ibu yang sedang hamil. Surah Maryam bercerita banyak mengenai perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa AS, mulai dari proses persalinannya hingga doa-doa yang dipanjatkan.

Surah ini salah satunya diyakini merupakan doa bagi ibu hamil agar dimudahkan dalam proses persalinan. Selain itu, di dalam Surah Maryam juga terdapat doa agar anak kelak bisa berbakti kepada orang tuanya.

Bagi Anda yang ingin mempelajari cara membaca dan tafsir-tafsir yang lebih mendalam soal surah-surah tadi bisa langsung melakukannya secara online melalui website Bisaquran.com dan Tafsirweb.com. Selain itu terdapat juga tafsir surah-surah populer lain seperti Al-Kahfi, Al-Waqiah, Ar-Rahman, Ad-Dhuha, dan Al-Mulk.

Tafsirweb.com memberikan akses untuk mempelajari tafsir al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia gratis untuk dibaca.

Bagi yang hanya ingin belajar baca Quran tanpa tafsirnya, Bisaquran.com menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS). Tak hanya itu, ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Ukuran Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker Ternyata Hanya Mitos

      Kenali gejala, faktor risiko, dan juga sederet mitos dari kanker payudara.

      Arti Mimpi Melahirkan Bukan Pertanda Buruk

      Arti mimpi melahirkan sangat beragam tergantung kondisi Anda saat mendapatkan bunga tidur itu.

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Suhendra sempat mendapat julukan sebagai “Ayah Sejuta Anak” karena menampung 55 bayi yang kelahirannya di dunia tidak diinginkan orang tuanya. Namun, ia akhirnya ditangkap polisi karena terlibat kasus penjualan anak.

      Tips Menabung agar Gaji Tidak Menguap

      Agar gaji tidak menguap begitu saja, sebaiknya terapkan tips menabung berikut ini.

      Doa yang Dibaca saat Rabiul Awal, Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat doa yang dibaca saat Rabiul Awal, bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Khutbah Jumat Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat contoh teks khutbah Jumat bertemakan tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

      Ketahui sejumlah langkah mempersiapkan keuangan untuk menghadapi resesi global.

      Beginilah Arti Mimpi tentang Naga yang Perlu Diwaspadai

      Ketahui sejumlah arti mimpi terkait naga berikut ini.

      Anak Muda Percayai Media Sosial untuk Segala

      Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial sebagai sumber dari segala sumber.

      Kenali Manfaat Lari seperti Dilakukan Gisella Anastasia

      Penelitian telah membuktikan bahwa lari punya segudang manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

      Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Gula

      Kenali tanda tubuh kelebihan gula sebelum terlambat.

      Waspada Child Grooming, Pintu Masuk Predator Seksual Perdayai Korban

      Child grooming merupakan modus predator seksual untuk memperdayai targetnya yang masih anak-anak. Child grooming menjadi pintu masuk predator seksual beraksi dengan mengincar anak di bawah umur.

      Para Perokok, Perhatikan Ini Demi Kesehatan Anak dan Keluarga

      Pada acara talkshow dalam rangka World Lung Day atau Hari Paru Sedunia 2022, yang digelar Solopos Media Group (SMG) bersama Rumah Sakit (RS) UNS Solo, dijelaskan beberapa pemahaman mengenai penyakit paru

      Begini Cara Mengatasi Cegukan Selain Minum Air Putih

      Ketahui sejumlah cara mengatasi cegukan selain minum air putih.

      Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal

      Berikut ini terdapat keutamaan dan amalan yang bisa dilakukan umat muslim di Rabiul Awal, bulan kelahiran dari Nabi Muhammad SAW.

      Pilihlah Es Teh tanpa Gula agar Kesehatan Tubuh Terjaga

      Agar tubuh tetap sehat, sebaiknya pilihlah minum es teh tanpa gula.