SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA–Lantai merupakan bagian sisi rumah yang sering digunakan sehingga seberapa baik lantai dibersihkan mampu memengaruhi kesehatan dan kenyamanan seluruh keluarga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada beberapa tips cara membersihkannya agar lantai tetap nyaman dan sehat, baik itu yang menggunakan bahan keramik, marmer, kayu, atau dilapisi karpet.

“Mengetahui teknik dan produk yang tepat untuk membersihkan dan merawat lantai sesuai dengan jenis bahannya menjadi hal yang penting untuk diketahui. Tips ini dapat membantu menciptakan kesehatan dan kenyamanan keluarga,” kata Arlisa Ardhiani, Product Marketing Manager Floor Care Category PT Electrolux Indonesia.

1. Lantai karpet

Salah satu pilihan materi yang paling nyaman untuk lantai adalah karpet yang terbuat bahan wol dan nilon. Di tempat yang sering diinjak, karpet akan menjadi tempat hinggapnya berbagai kotoran, debu, rambut, dan partikel lainnya. Kotoran-kotoran kemudian terjebak dalam karpet. Hal itu berpotensi menjadi tempat berkembangnya kuman.

Salah satu pilihan alat penyedot debu (vacuum cleaner) cocok digunakan. Idealnya, karpet disedot satu kali sehari dan setidaknya sekali seminggu, terutama di tempat yang anggota keluarga sering berinteraksi juga dengan hewan peliharaan.

Ergorapido BRC merupakan salah satu pilihan untuk pembersihan karpet yang cepat. Kelebihannya, pada genggaman yang nyaman dan go-design, serta tenaga hisap yang tinggi dan kemampuan untuk membersihkan kusutan rambut serta kotoran lainnya. Sedangkan untuk pembersihan yang menyeluruh, Ultra silencer dirancang khusus untuk membersihkan kotoran berupa rambut manusia dan bulu hewan peliharaan yang tertanam di karpet.

2. Lantai keramik

Lantai keramik banyak digunakan karena mudah dibersihkan dan disesuaikan dengan selera penghuninya, baik dari bentuk, motif, warna, dan ukuran. Keramik memiliki kelebihan antara lain lebih tahan air, tahan gores dan tahan lama dibandingkan jenis lantai lainnya.

Lantai keramik adalah salah satu jenis lantai yang paling mudah untuk dirawat, dan hanya membutuhkan pembersihan yang cepat. Vacuum cleaner dengan desain praktis dan ringan seperti Electrolux mobione dapat menjadi pilihan, karena mampu mengurangi masalah-masalah yang ditemui saat membersihkan lantai keramik.

3. Lantai marmer

Marmer adalah jenis lantai yang dikenal untuk menambahkan sentuhan eksklusif dan mewah pada rumah. Lantai marmer tahan lama, tahan air, dan tidak menyerap panas sehingga lantai dapat tetap dingin dan sejuk bahkan pada cuaca paling panas sekalipun.

Lantai yang terbuat dari batu alam marmer itu dapat bebas dari zat penyebab alergi dan penyebab penyakit, karena marmer mampu mencegah partikel mikroskopis berkembang di permukaan lantai. Tapi, lantai marmer dapat dengan mudah tergores, jadi ketika membersihkan debu dan kotoran dari permukaan, lebih baik menggunakan vacuum cleaner Ultra silencer, yang dilengkapi dengan mulut pipa yang didesain khusus untuk membersihkan lantai keras dengan lembut dan efisien menyedot debu serta kotoran.

Waktu mengepel lantai dengan cairan pembersih, katanya, pilih cairan pembersih yang memiliki pH netral, sebab meski zat asam yang terdapat di dalam dapat membersihkan noda, tetapi bila terlalu banyak, zat asam dapat merusak marmer. Setelah dibersihkan, keringkan dengan handuk lembut untuk mengurangi risiko tertinggalnya noda air.

4. Lantai kayu

Lantai kayu menciptakan suasana tradisional yang terbuat dari jenis kayu seperti maple, pecan, beech, cheery, oak, pine, birch, walnut, dan hickory. Pilihan ini tidak hanya memberikan kesan hangat dan klasik, tetapi juga menciptakan suasana tenteram dan nyaman dalam rumah.

Air adalah salah satu musuh terburuk bagi lantai kayu. Untuk menghilangkan tumpahan basah gunakanlah kain lembut atau vacuum cleaner Rapido wet & dry. Pembersih lantai ini dilengkapi dengan mulut pipa basah yang mampu membersihkan tumpahan air. Bersihkan lantai secara berkala dengan menggunakan sapu halus, serta kain pel lembab dengan tingkat kebasahan yang cukup. Hal ini dapat menjaga kebersihan sekaligus kualitas dari lantai kayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya