SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melakukan inspeksi pelaksanaan PTM di SMAN 4 Semarang, Senin (5/4/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengizinkan sekolah menambah kelas dalam pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap kedua. Uji coba PTM tahap II yang digagas Pemprov Jateng itu digelar 26 April-7 Mei 2021.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan uji coba PTM tahap kedua digelar setelah hasil evaluasi uji coba tahap pertama yang digelar 5-16 April 2021 dinyatakan baik. “Evaluasinya berjalan bagus. Sampai hari ini tidak ada problem. Maka sekarang lagi didesain dan saya sampaikan kepada sekolah yang melaksanakan PTM, saya kasih izin kalau mau menambah kelas,” ujar Ganjar Pranowo saat dijumpai di kantornya, Senin (26/4/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur Ganjar mengaku untuk penambahan memang yang baru diizinkan hanya sebatas kelas. Sementara, untuk penambahan jumlah sekolah pihaknya belum melakukan. Ia mengaku sebenarnya banyak sekolah yang mengajukan izin melaksanakan PTM, tapi pihaknya masih melakukan ulasan apakah sekolah yang bersangkutan itu memenuhi syarat atau tidak.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Jokowi-Prabowo Kompak di Nikah Atta-Aurel

“Untuk sekolah yang mau melaksanakan PTM saya minta usulan dulu. Supaya kita bisa pastikan bahwa sekolah itu siap. Kemungkinan potensi yang menambah sekarang jumlah kelasnya,” terang Ganjar.

Dengan penambahan kelas itu, jika semula sekolah hanya melaksanakan uji coba PTM untuk siswa di dua hingga tig akelas, maka kini bisa ditambah. Pada uji coba PTM tahap II, sekolah yang sebelumnya menggelar uji coba di dua kelas, maka bisa melaksanakan uji coba di tiga hingga empat kelas, dengan jumlah siswa yang lebih banyak.

"Bisa saja ditambah jadi enam kelas. Kalau enam kelas dibagi dua kan setidaknya ada 12 kelas. Jadi latihannya sedikit agak banyak, tapi belum semuanya," pungkasnya.

Uji Coba Berlanjut

Pelaksanaan uji coba PTM di sekolah di wilayah Jateng yang berada di bawah pengawasan Pemprov Jateng sudah digelar sejak 5 April lalu.

Total ada 140 sekolah tingkat SMP, SMA, SMK, dan MA yang menjalankan uji coba PTM ini. Ke-140 sekolah itu tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng, di mana setiap kabupaten/kota mendapat jatah empat sekolah.

Setelah uji coba PTM tahap kedua selesai, Pemprov Jateng rencananya langsung menggelar uji coba tahap ketiga atau terakhir. Uji coba tahap ketiga ini akan digelar mulai 12 Juli-September nanti.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya