Kategori: Internasional

Langka! Alpaka Hitam Lahir di Skotlandia, Konon Bulunya Sangat Mahal…


Solopos.com/Anandita Marwa Aulia

Solopos.com, PERTHSHIRE — Seekor alpaka langka dengan bulu hitam yang konon harga bulunya sangat mahal telah lahir di Skotlandia. Bayi alpaka yang baru lahir tersebut diberi nama Tia.

Alpaka atau Vicugna pacos adalah mamalia yang berasal dari Amerika Selatan. Mereka berkerabat dekat dengan ilama tetapi terlihat lebih kecil.

Alpaka sebenarnya adalah anggota terkecil dari keluarga unta dengan bahu. Hewan pemakan rumput ini memiliki tinggi sekitar 3 kaki atau nyaris 1 m.

PNS di Sumsel Galang Dana & Rela Dinikahi demi Lunasi Utang

Dikutip dari The Sun, selain harga bulunya yang mahal, ada fakta unik mengenai hewan ternak ini. Ternyata, seekor alpaka bisa jatuh sakit dan mati jika merasa kesepian.

Menurut kantor berita South West News Service (SWNS), Tia lahir dari orang tua bernama Lola dan Jack di Taman Margasatwa Auchingarrich, Perthshire, Skotlandia. Pemilik Taman Margasatwa Auchingarrich di Perthshire Maxine Scott mengatakan bahwa Tia lahir Senin (31/8/2020) lalu.

Persalinan Tia tergolong sangat lancar tanpa komplikasi. "Tia lahir pada tanggal 31 Agustus kelahirannya tergolong sangat lancar, tanpa ada kesulitan,” ujarnya.

Tak Hanya Yopie Latul, Para Selebritas Ini Juga Terbunuh Covid-19

Ia juga menjelaskan, saat ini, Tia harus secara intensif meminum susu dari ibunya untuk beberapa minggu ke depan. "Cria [anak sapi] baru minum susu sekarang meskipun akan mulai memakan rumput selama beberapa minggu ke depan."

Scott menambahkan bahwa Tia adalah alpaka pertama yang lahir di taman itu setelah Lola tiba di taman itu lebih dari setahun yang lalu.

Bulu Sangat Mahal

Menurut Inca Alpaca, alpaka dihargai karena bulunya. Harga paling mahal disandang bulu yang paling langka, yakni hitam dan putih.

Bosan Tawuran di Darat, Pemuda Kalibaru Jadikan Laut Arena Duel

Alpaka dapat diternakkan untuk diambil bulunya seperti halnya domba. Alpaka sebenarnya tersedia dalam 22 varian warna, namun warna hitam dan putih adalah warna yang sangat langka. Alhasil, kedua bulu langka itulah yang diminati para pencinta bulu alpaka.

Menurut penjual alpaka, harga jual bulu alpaka mulai dari US$650 untuk jantan muda hingga lebih dari US$2.500 untuk betina usia kawin.

"Seekor betina yang berkembang biak dapat dibeli mulai dari £2.000 [$2.600] hingga harga lima kali lipat untuk stok kualitas terbaik," kata salah satu penjual bulu Alpaka.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono