SOLOPOS.COM - Pemilik Warung Tengkleng Mbak Diah, Bakdiah, 70, saat ditemui di sela-sela menyiapkan pesanan pelanggan, Selasa (14/6/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Salah satu kuliner olahan daging kambing, Tengkleng Mbak Diah di Sukoharjo, Jawa Tengah, menjadi langganan pejabat hingga presiden.

Warung makan yang berlokasi di Tanjunganom, Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol ini menjadi favorit Presiden Soeharto dan para pejabat daerah hingga pusat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berbagai menu olahan kambing disajikan di warung ini. Mulai dari tengkleng kuah, tengkleng gongso, tengkleng sumsum, hingga sate buntel. Bagi yang enggak doyan kambing, di sini juga menyediakan nasi goreng dan ayam goreng.

Baca Juga:  Waduh! Ada Mitos Tes Keperawanan di Candi Sukuh Karanganyar

Menurut pemilik warung Tengkleng Mbak Diah, Bakdiah, menu paling favorit di sini adalah tengkleng kuah dan tengkleng gongso.

“Biasanya bisa 25 [ekor] kambing. Kalau dulu sebelum pandemi 40 [ekor] kambing. Kalau sekarang ini setelah Lebaran, alhamdulilah bisa 25 [ekor] kambing. Kalau yang paling diminati tengkleng kuah dan tengkleng gongso,” jelas Bakdiah, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga:  Lewat Hutan Tunggangan Wonogiri Jangan Pas Malam Hari, Hororkah?

Salah seorang pengunjung asal Mojolaban, Sukoharjo, Endang Kristuti, mengaku sudah lama menjadi pelanggan di warung tengkleng Mbak Diah. Menu favoritnya tengkleng gongso.

“Tadi saya pesan sate, tengkleng gongso, dan tengkleng sumsum. Yang paling saya suka itu tengkleng gongso karena unik menurut saya. Tengkleng tapi di gongso dan rasanya juga enak sekali. Selain rasanya lebih gurih, dagingnya juga kenyal dan empuk,” katanya saat ditemui di sela-sela menikmati makannnya.

Baca Juga:  Begini Awal Mula Satu Keluarga Pilih Hidup di Hutan Wonogiri

Sebagai informasi, tengkleng gonso menu favorit di Tengkleng Mbak Diah Sukoharjo ini disajikan setengah kering dan dimasak dengan kuah kecap. Seporsi tengkleng gongso dibanderol Rp60.000 per porsi dan tengkleng kuah Rp40.000 per porsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya