SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Pentas langen carito dari Kota Jogja, Aji Saka, dan ketoprak lesung Laskar Nyi Ageng Serang dari Kulonprogo terpilih sebagai sajian terbaik dalam festival yang digelar Dinas Kebudayaan DIY, Minggu (9/9) lalu. Mereka berhak mendapatkan uang pembindaan, trofi dan piagam dari panitia.

Penyaji unggulan kedua langen carita adalah grup asal Bantul dengan pementasan Nawangsih Popo dan dari Gunungkidul dengan Langen Kancil Nyolong Timun sebagai penyaji unggulan tiga. Sedangkan penampil ketoprak lesung unggulan kedua dari Bantul dengan cerita Ken Warsi dan penyaji unggulan ketiga dari Kota Jogja dengan pementasan berjudul Retno Dumilah Boyong.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Panitia penyelenggara festival Langen Carita dan Ketoprak Lesung, Donny Megananda menjelaskan, kegiatan ini bersifat pembinaan. Semua kelompok yang berpartisipasi mendapatkan uang pembinaan. Namun khusus tiga penampil unggulan mendapat hadiah Rp2 juta, trofi dan piagam.

“Sedangkan dua lainnya hanya mendapatkan trofi dan piagam,” katanya, Selasa (11/9).

Festival yang digelar selama satu hari penuh itu menghadirkan lima juri yakni, Bugiswanto, Kuswarsantyo, Sugiarto, Indra Tranggono dan Resang Y Sugiyono.

Setalah festival tersebut, juga akan digelar festival bentara upacara adat pada Minggu (16/9) mulai pukul 13.00 WIB di Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya