SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PEKANBARU —- Dua kontingen National Paralympic Committee [NPC] dipastikan absen dalam pelaksanaan Perpanas XIV 2012 di Pekanbaru, Riau. Sehari menjelang pelaksanaan Peparnas, Sabtu (6/10) dua kontingen, yakni Lampung dan Papua Barat belum memutuskan keikutsertaannya.

Dengan absennya kedua kontingen itu, Peparnas dipastikan hanya diikuti 31 kontingen. Dari 31 kontingen yang terdapat sebanyak 1427 atlet serta 443 ofisial yang bakal bersaing berebut medali Peparnas mulai 7-14 Oktober mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, menyayangkan sikap Lampung dan Papua Barat yang absen dalam pelaksanaan event terbesar penyandang cacat ke-14 di Tanah Air itu.

“Kami sudah melakukan sosialisasi dengan melakukan kunjungan ke daerah mereka [Lampung dan Papua Barat], namun hingga sekarang sepertinya keduanya memang telah memutuskan absen di Riau,” ujar Senny saat dijumpai Solopos.com di Rumah dinas Gubernur Riau, Sabtu.

Absennya Lampung maupun Papua Barat, menurut Senny bukannya dikarenakan alasan minimnya atlet paralympian. Namun, lebih dikarenakan tak adanya biaya dari pemerintah setempat untuk mengirimkan atlet paralympiannya bertanding.

“Setahu saya dari Lampung, tak ada biaya untuk ke sini [Riau]. Kalau atle NPC, keduanya jelas punya,” imbuh Senny.

Peparnas Riau akan mempertandingkan sebanyak 11 cabang olahraga. Rangkaian pertandingannya akan dimulai pada Senin (8/10/2012).

Sementara untuk upacara pembukaan bakal dilaksanakan Minggu (7/10/2012) di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai. Wakil Presiden, Boediono, dikabarkan bakal hadir untuk membuka acara Peparnas 2012.

Sekjen Peparnas Riau, H Hendro Ekwarso, menyakinkan pesta pembukaan Peparnas tak akan kalah meriah dengan upacara PON XVIII yang baru-baru ini juga digelar di Riau.

“Walau mungkin tak semeriah penyelenggaraan PON, namun kami yakin pembukaan Peparnas tak akan kalah meriah. Selain ada diisi pegelaran seni dan budaya dari seniman Riau, pesta pembukaan juga akan menghadirkan artis dari ibu kota, yakni Ike Nurjanah dan Setia Band,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya