SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL: Status Persiba Bantul sebagai tim promosi Indonesian Super League (ISL) musim 2011/2012 membikin pemain, pejabat daerah sampai manajemen tim bingung soal Stadion Sultan Agung yang tidak punya lampu.
   
Pasalnya, Badan Liga Indonesia (BLI) mewajibkan seluruh tim yang berlaga di ISL memiliki stadion dengan lampu standar penyelenggaraan pertandingan malam hari. Bila tidak, tim itu bisa dicoret. Satu-satunya jalan keluar, Sultan Agung punya lampu stadion atau manajemen memakai stadion lain sebagai homebase.
   
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul Heru Suhadi mengungkapkan sampai sekarang pembangunan stadion belum dapat dimulai lantaran belum ada kejelasan dana sehingga Pemkab berupaya mengajukan bantuan anggaran ke Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga untuk pengadaan lampu stadion dan penambahan sejumlah fasilitas pendukung.
   
DPU menghitung butuh biaya sekitar Rp10 miliar untuk penyempurnaan stadion. Rinciannya, Rp8 miliar untuk lampu penerangan dan sisanya untuk instalasi listrik, penambahan daya ataupun mesin diesel untuk penerangan saat lampu padam.
   
Rencananya diperlukan sebanyak 144 buah lampu penerangan yang bakal dipasang di empat menara “Butuh 144 lampu, satu lampu mencapai 2.000 watt,” ujar Heru kepada wartawan, Kamis (26/5). Bila dana sudah jelas, Heru meyakini hanya butuh waktu sekitar tiga bulan untuk merampungkan pembangunan.
   
Wakil Manajer Persiba Briyanto mengatakan manajemen juga tengah fokus mengupayakan lampu penerangan dengan mengajukan pendanaan ke pemerintah pusat. Langkah itu dilakukan menyusul semakin dekatnya jadwal pertandingan ISL.
   
Melihat penyelenggaraan kompetisi tahun-tahun sebelumnya, Briyanto memaparkan musim 2011/2012 akan mulai digelar September. “Kami berharap pusat mau memberi bantuan lewat APBN,” tuturnya.
   
Mewakili pemain, kapten tim Wahyu Wijiastanto menyatakan dengan tegas saat penyambutan kemenangan tim di Pendapa Parasamya Bantul, Kamis kemarin, soal pentingnya lampu stadion di Sultan Agung. “Stadionnya sudah bagus tapi kurang lampu. Mohon lampunya disiapkan,” pinta Wahyu ke Bupati Bantul, Sri Suryawidati.(Harian Jogja/ Bhekti Suryani)

HARJO CETAK

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya