SOLOPOS.COM - Ilustrasi/medindia

Ilustrasi/medindia

Bola lampu yang satu ini tidak membutuhkan kabel untuk dapat menyala. Cukup menggunakan perangkat telepon pintar untuk menyalakan dan mematikan, serta mengatur intensitas cahaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bola lampu berteknologi tinggi ini merupakan temuan seorang pengusaha dari Australia bernama Phil Bosua dari Ferny Creek di Melbourne Australia.

Seperti dilansir laman Sydney Morning Herald dan dikutip laman medindia, Kamis (20/9/2012), Phil menemukan bola lampu yang diberi nama LIFX, setelah mendengar keluhan dari seorang temannya yang sedang meronovasi rumah.

Menurut dia, enam bulan lalu seorang temannya membutuhkan lampu yang tanpa kabel, sehingga tidak harus merusak tembok rumah. Berangkat dari keinginan temannya ini, Phil menciptakan lampu nirkabel (Wi Fi), hemat energi, LED, multi-warna yang dapat dikendalikan iPhone dan Android.

LIFX tidak hanya bisa dihidupkan dan dimatikan menggunakan smartphone, tetapi warnanya juga bisa berubah-ubah sesuai dengan yang diprogram.

“Seorang teman saya berharap bisa memiliki bola lampu nirkabel di rumah karena sedang merenovasi dan tidak ingin memotong dinding tembok agar kabel sampai ke lampu,”ujar pria berusia 38 tahun ini.

“Dia  meminta apa yang bisa saya lakukan. Saya pikir ada sesuatu yang memungkikan menggubungkan smartphone Anda ke lampu Anda,”katanya.

LIFX bisa bertahan hingga 25 tahun dan menngunakan energi lebih rendah dibanding lampu biasa, yakni 50 hingga 80%.

Saat ini lampu itu banyak dipergunakan di rumah tangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya