Lampion Shio Kawasan Pasar Gede Dirusak, Lampunya Dicuri
Lampion shio di kawasan Pasar Gede dirusak untuk dicuri lampu-lampunya. Foto diambil pada Sabtu (8/2/2020). (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO -- Lampion berbentuk shio sebagai hiasan perayaan Imlek di sebelah barat Pasar Gede, Jebres, Solo, dirusak orang tak dikenal. Diduga, pelaku sengaja merusak lampion untuk mencuri lampu di bagian dalam lampion.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di sekitar lokasi perayaan Imlek, lampion shio di Jl. Jenderal Sudirman dalam kondisi baik. Sementara itu, lampion gantung berwarna merah yang masih terpasang di sekitar Pasar Gede juga dalam kondisi baik. Namun, sekitar empat lampion shio dalam kondisi rusak.

Kerusakan meliputi robeknya kain pembungkus lampion shio pada beberapa sisi. Lalu, lampu pada bagian dalam lampion hilang.

Guyonan Netizen Indonesia: Sama Borax Saja Kebal, Apalagi Virus Corona

Dewan Penasihat Grebeg Sudiran, Henry Susanto, membenarkan bahwa lampu-lampu bagian dalam lampion banyak yang hilang dicuri. Dia mengaku memilih berpikir positif dan tidak terlalu mempersoalkan hal itu.

"Mungkin ada orang yang terlalu senangnya dengan lampion sehingga ingin memiliki jadi banyak lampu yang hilang. Saya sudah dilapori bahwa ada yang hilang tetapi belum mengecek langsung. Informasinya masih dari mulut ke mulut saja," ujarnya.

Lampion shio di kawasan Pasar Gede dirusak untuk dicuri lampu-lampunya. Foto diambil pada Sabtu (8/2/2020). (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Henry menyebut belum mengetahui pasti sejak kapan hilangnya lampu-lampu lampion itu. Dia sendiri belum berkoordinasi dengan panitia perayaan imlek terkait hilangnya lampu dan rusaknya lampion shio itu.

Meski Bakar Paspor, Bekas ISIS Masih Dianggap WNI

Menurutnya, dalam waktu dekat lampion shio itu sudah akan dilepas oleh panitia. Namun, selama agenda Solo Great Sale (SGS) yang menarik animo masyarakat digelar, lampion shio akan tetap terpasang. "Kami segera rapat koordinasi untuk segera menindaklanjuti kerusakan lampion itu," imbuh dia.

Kanitreskrim Polsek Jebres, Iptu Wahyu Riyadi, membenarkan telah memperoleh informasi bahwa lampion shio di kawasan Pasar Gede rusak dan lampu shio hilang.

Profil Andre Rosiade di Wikipedia Berubah, Ada Bab Penjebakan PSK

"Setelah saya ke Pasar Gede informasinya hilang pada Sabtu [8/2/2020] pagi tadi. Tetapi belum ada laporan resmi terkait hilangnya lampu-lampu itu," ujarnya mewakili Kapolsek Jebres, Kompol Juliana.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho