Lamar PPPK, 112 Tenaga Honorer K2 Dicek Masih Aktif  Bekerja atau Tidak

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR–Sebanyak 112 tenaga honorer kategori dua (K2) di Kabupaten Karanganyar mendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I 2019.  Pemkab memastikan mereka masih aktif bekerja sebagai honorer.

Pendaftaran PPPK tahap I ditutup Minggu (17/2/2019) pukul 00.00 WIB. Pendaftaran PPPK melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang disiapkan khusus untuk PPPK. Sistem pendaftaran hampir mirip dengan pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN). Namun, pendaftatan tahap I ini diprioritaskan bagi tenaga honorer K2 untuk jabatan fungsional guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karanganyar, Siswanto, menuturkan 112 tenaga honorer K2 sudah mengunggah berkas sesuai ketentuan. Mereka meliputi 58 orang yang melamar jabatan guru, 25 orang melamar tenaga kesehatan, dan sisanya 29 orang melamar tenaga penyuluh pertanian. “Mereka daftar ke BKN secara online. Kami yang didaerah memverifikasi. Ya seperti CPNS. Berkas diuggah seperlunya yang dibutuhkan,” kata Siswanto saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (19/2/2019).

Pemerintah pusat memprioritaskan pengisian jabatan tenaga fungsional. Selain itu, pemerintah mensyaratkan pelamar masih aktif sebagai tenaga fungsional. “Harus fungsional. Tidak ada tenaga administrasi. Semua harus masih aktif. Sebelum pendaftaran itu saya panggil semua kepala dinas terkait. Untuk memastikan yang aktif mana dan enggak. Begitu mendaftar kami verifikasi kembali ini aktif tenan. Jangan sampai di sana [pusat] masih tercatat terus padahal di sini sudah meninggal atau kondisi lain,” jelas Siswanto.

Siswanto mengklaim pendaftaran PPPK tahap I lancar. Tahapan selanjutnya adalah Computer Assisted Test (CAT). CAT meliputi seleksi manajerial, sosio-kultural, dan teknis. Rencana dilaksanakan akhir Februari 2019 yakni Sabtu dan Minggu (23-24/2). Siswanto menyampaikan Pemerintah Kabupaten Karanganyar sudah menyiapkan lokasi CAT di SMKN 2 Karanganyar.

“Karena dia [SMKN 2 Karanganyar] sudah sering melaksanakan UNBK. Setahu saya sudah empat atau lima kali. CAT akan dilaksanakan di laboratorium komputer. Setiap ruang disiapkan 40 komputer terdiri atas 37 komputer yang akan digunakan peserta dan tiga komputer cadangan. Kami akan menggunakan empat ruang. Supaya bisa mengerjakan bersamaan,” jelas Siswanto.

Pemkab saat ini membentuk tim pengawas ujian, yakni pengawas ruang dan teknisi. Pemkab memberangkatkan satu orang untuk belajar penggunaan alat, sistem CAT, dan lain-lain. Siswanto menuturkan pemerintah daerah tidak tahu naskah soal ujian. “Itu urusan pemerintah pusat. Kami ini hanya menyiapkan dana. Sudah punya. Waktu surat Menpan RB dulu turun, saya matur Bupati. Ada dana siap makanya dilakoni. Beban gaji berikutnya pun sudah siap,” ujar dia.

BKPSDM sudah menyiapkan Rp600 juta untuk pengadaan pegawai. Oleh karena itu berulang kali Siswanto menyampaikan Pemkab Karanganyar menyiapkan dana untuk penyelenggaraan seleksi PPPK, gaji PPPK yang lolos seleksi. Selanjutnya pelamar yang lolos hingga tahap akhir akan ditempatkan sesuai kebutuhan.

Berita Terkait

Berita Terkini

PM Spanyol Tunda ke Acara PBB Gara-Gara Gunung Meletus

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk.

Satpol PP Sukoharjo Gencar Patroli Prokes Selama PPKM Level 3, Begini Hasilnya

Petugas Satpol PP Sukoharjo tetap gencar melakukan patroli protokol kesehatan atau prokes di berbagai penjuru wilayah selama PPKM level 3.

PDIP Sragen Sumbang 10.000 Vaksin Covid-19 untuk Warga, Bupati Ikut Nyuntik

DPC PDIP Sragen menyumbang 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat yang didanai dari semua anggota FPDIP di DPRD.

Warga Gempol Klaten Raup Jutaan Rupiah dari Usaha Maggot, Masalah Sampah Pun Kelar

Warga Desa Gempol, Karanganom, Klaten, tak hanya meraup untuk menjanjikan dari usaha budidaya maggot tapi juga menyelesaikan masalah sampah.

Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.

Irjen Napoleon Disebut Lumuri Tubuh Muhammad Kece dengan Kotoran

Napoleon menyebut perbuatan Muhammad Kece sangat membahayakan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wow, Desa Tawangsari Boyolali Jadi Rujukan Studi Banding

Skala prioritas utama program pembangunan Desa Tawangsari berdasarkan kehendak rakyat.

Bantu Luluskan PKH, Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar Dapat Tambahan Modal Rp20 Juta

Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar yang beranggotakan para penerima bantuan PKH mendapat tambahan modal untuk pengembangan usaha.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Operasi Patuh Candi Boyolali Dimulai Senin, Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas Jadi Sasaran

Polres Boyolali siap menggeber Operasi Patuh Candi 2021 dengan sasaran pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lalu lintas.

Hasil Liga 1 2021-2022: Tundukkan Arema Malang 2-1, PSS Sleman Raih Poin Penuh

Arema Malang unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Johan Ahmad Alfarizi menit ke 35

Ladies, Begini Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat

Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba supaya payudara tetap kencang dan sehat.

Komisi IV DPRD Sukoharjo Desak Pemkab Percepat Vaksinasi Covid-19 Pelajar 

Komisi IV DPRD Sukoharjo meminta Pemkab lebih aktif meminta vaksin Covid-19 untuk mempercepat vaksinasi pelajar.

2 Mitos Kepercayaan Masyarakat ini Bikin Sungai Bengawan Solo Kian Kotor

Ada sedikitnya dua mitos kepercayaan masyarakat yang membuat air Sungai Bengawan Solo kian kotor dengan buangan sampah.

Jangan Abaikan Gizi Anak Demi Generasi Emas Indonesia 2045

Kemiskinan menyebabkan orang tua tidak bisa membeli makanan yang memenuhi gizi anak.