PPPK (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah akhirnya membuka pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) selama enam hari, Selasa-Minggu (12-17/2/2019).

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman Badan Kepegawaian Negara (BKN), ssp3k.bkn.go.id, Rabu (13/2/2019) malam, tercatat ada 292 pemerintah daerah (pemda) yang membuka lowongan PPPK. Di laman itu terdapat daftar instansi yang membuka pendaftaran.

Di daftar itu ada 292 pemda yang statusnya dinyatakan membuka pendaftaran. Selain itu, tiap daerah dilengkapi dengan nomor telepon helpdesk, link pengumuman, call center, dan media sosial (medsos) pemda. Namun, hingga Rabu malam untuk link pengumuman belum bisa diakses.

Dari daftar pemda itu, baru lima pemda di Soloraya yang masuk daftar yaitu Kota Solo, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, dan Sragen. Sedangkan Wonogiri dan Klaten hingga Rabu (13/2/2019) malam, belum ada dalam daftar pemda yang membuka pendaftaran seperti dimuat di laman ssp3k.bkn.go.id.

Lowongan PPPK tahap I dikhususkan untuk tenaga honorer K2 bidang pendidikan, kesehatan, penyuluh pertanian, hingga dosen. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah berkirim surat kepada 530 pemda dan empat kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, dan Kementerian Pertanian, yang memiliki honorer K2.

Meski begitu, pemerintah tidak menjamin semua instansi membuka lowongan PPPK. Pejabat daerah yang tidak menyampaikan usulan kebutuhan dinyatakan tidak melaksanakan pengadaan PPPK. ”Ada 25 pemda yang sulit melakukan rekrutmen PPPK tahun ini karena belanja pegawainya sudah di atas 50 persen. Sembilan puluh persen pemda siap. Jadi, hanya 25 pemda yang terkendala,” ujar Menpan & RB Syafruddin, beberapa waktu lalu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten