Lama Tak Ada Kabar, Jack Ma Ketahuan Studi Tur di Spanyol

Setelah sekian lama menghilang, pendiri Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma terkuak sedang berada di Eropa dalam studi tur.

 Jack Ma (Liputan6)

SOLOPOS.COM - Jack Ma (Liputan6)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah sekian lama menghilang, pendiri Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma terkuak sedang berada di Eropa dalam studi tur.

Menurut laporan South China Morning Post (SCMP), seperti dilansir Antaranews, Selasa (19/10/2021) perjalanan tersebut menjadi yang pertama setelah miliarder China itu puasa melancong ke luar negeri selama satu tahun.

Ma sedang berada di Spanyol mengikuti studi tur pertanian dan teknologi yang berkaitan dengan isu lingkungan, berdasarkan laporan mengutip sumber yang tahu jadwal Ma.

Baca Juga: Meninggal karena Covid, Ini Rekam Jejak Mantan Menlu AS Colin Powell

Sebelumnya, Ma lama menghilang dari pandangan publik sejak pidatonya tahun lalu yang mengkritisi sistem peraturan China.

Ia sempat bertolak ke Hong Kong untuk menghabiskan waktu tersendiri bersama keluarganya sebelum terbang ke Eropa, menurut SCMP yang merupakan milik Alibaba. Alibaba belum menanggapi terkait pemberitaan tersebut.

Ma, seorang penjelajah dunia yang dikenal tidak pernah menghindar dari pusat perhatian, memutuskan untuk pensiun dari jabatannya sebagai bos Alibaba pada 2019.

“Kerajaannya” berada di bawah pengawasan ketat oleh regulator China lantaran pidatonya tersebut dan bahkan menyebabkan penangguhan penawaran umum perdana (IPO) raksasa Ant Group senilai 37 miliar dolar AS atau setara Rp521,8 triliun.

Baca Juga: Gawat, Gletser Afrika Mencair Picu Banjir dan Panas Ekstrem

Tak Mau Disorot

Sebelumnya terungkap kabar Jack Ma, disebut tidak mau menjadi pusat perhatian dan ingin fokus pada kegiatan amal dan hobinya.

Kabar tersebut keluar dari salah seorang pendiri Alibaba, Joe Tsai, Reuters melansir CNBC pada Rabu (15/6/2021). “Dia tidak mau jadi sorotan sekarang. Saya berbicara dengan dia setiap hari,” kata Tsai dalam acara di CNBC.

Alibaba pada April lalu dikenai denda senilai 2,8 miliar dolar AS karena praktik anti-kompetisi.

“Bisnis kami mengalami restrukturisasi dalam hal finansial dan juga soal regulasi antimonopoli. Kami harus membayar denda yang besar. Tapi, kami sudah melewatinya, kami menantikan apa yang ada di depan,” kata Tsai.

Jack Ma mengumumkan mundur dari Alibaba pada 2019 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini: 23 Januari 1963 Perang Kemerdekaan Guinea Bissau 

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 23 Januari.

Selamat, 16 Dokter Gigi UMS Lulus Cumlaude 4 Mumtaz

Sebanyak 16 dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi UMS mengikuti upacara pengambilan sumpah dokter gigi setelah dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

MAKI Ungkap Dugaan Pungli di Bandara Soekarno-Hatta

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, mendesak Kejaksaan Tinggi Banten mengusut tuntas dugaan pungutan liar atau pungli di Bandara Soekarno-Hatta.

Pelat Dinas Polisi Mobil Arteria Dahlan, Ini Kata Polda Metro Jaya

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, membantah telah mengeluarkan pelat nomor dinas polisi untuk kelima mobil anggota DPR, Arteria Dahlan.

Waspada! Sudah Dua Pasien Omicron di Indonesia Meninggal

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes mencatat sudah ada dua pasien Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang mengalami kematian.

Mantan Danrem Solo Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad, Segini Hartanya

Segini harta kekayaan mantan Danrem 074/Warastratama Solo periode 2016-2017, Maruli Simanjuntak, yang ditunjuk sebagai Pangkostrad.

Ganjar Kembali Dapat Dukungan Nyapres 2024, Kali Ini dari Brigade

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres) di 2024.

Kesehatan Memburuk, Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Masuk RS

Mantan PM Malaysia, Mahathir Mohamad, dilaporkan masuk Unit Perawatan Jantung Institut Jantung Negara (IJN). Belum jelas apa penyakit yang dialami Mahathir.

Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka, Ini Cara Buat Akun dan Syaratnya

Pemerintah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 tahun 2022 jadi silakan mengecek cara membuat akun dan syarat mendaftar.

Eks PM Malaysia Mahathir Mohammad Kembali Dilarikan ke RS Jantung

Kabar masuknya Mahathir ke CCU IJN tersebut sebelumnya diinformasikan banyak orang di media sosial namun belum ada pernyataan resmi dikeluarkan.

Bahagianya Rektor saat 16 Dokter Gigi UMS Lulus Cumlaude

Rektor UMS Sofyan Anif menyebut keberadaan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UMS sebagai wahana dalam pengembangan kompetensi dan keilmuan mahasiswa Kedokteran Gigi UMS.

+ PLUS Logam Tanah Jarang di Lumpur Lapindo Dukung Pengembangan Mobil Listrik

Kandungan logam tanah jarang di Lumpur Lapindo, Sidoarjo, memiliki banyak kegunaan. Salah satunya mendukung pengembangan mobil bertenaga listrik.

Delta Belum Hilang, Kemenkes Ajak Waspadai Transmisi Lokal Omicron

Kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan juga menjadi penting mengingat varian Delta masih merupakan varian yang cukup mendominasi di beberapa daerah di Indonesia.

Lusa 500 Warga Lansia Polanharjo Klaten Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi booster diperlukan guna membentuk kekebalan tubuh di tengah masyarakat karena pandemi Covid-19 belum hilang hingga sekarang.

Jejak Karier Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut Kini Jabat Pangkostrad

Ada 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru, 28 orang diantaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI.

Panglima TNI Tunjuk Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada 328 Perwira Tinggi (Pati TNI).