SOLOPOS.COM - Ilustrasi bandara (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA—Landasan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, diusulkan sebagai pemecah kemacetan arus lalu lintas udara di kawasan Bandara Adisutjipto yang selama ini lalu lintas udaranya tinggi karena lalu lintas udaranya digunakan juga sebagai latihan siswa penerbangan.

Penggunaan Lanud Playen sebagai pusat latihan siswa penerbangan ini dilakukan sembari menunggu pengerjaan fisik bandara internasional di Temon, Kulonprogo yang ditarget selesai 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kejelasan pembangunan pengganti bandara komersial Adisujipto sendiri saat ini masih menunggu penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Perhubungan dengan PT Jogja Magasa Iron soal lokasi bandara.

“Harapan saya lebih cepat lebih baik,” ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di DPRD DIY, Senin (5/5/2014).

Sebelumnya, lokasi bandara di Temon itu menjadi polemik antara PT JMI dengan PT Angkasa Pura I, karena lokasi pabrik pertambangan pasir besi yang bersingungan dengan bandara menganggu kawasan keselamatan operasi bandara (KKOP).

Menurut Sultan, hal itu sekarang menjadi urusan antara PT JMI dengan Kementerian Perhubungan. PT AP I sebagai pelaksana proyek bandara tidak memiliki kewenangan atas persoalan teknis. “Yang penting masalah teknis sudah tidak ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya