Jemaah Haji kloter 1 dari Sukoharjo tiba di Bandara Adi Sumarmo pukul 10.42 WIB. (M.Ferri Setiawan/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI -- Jadwal pemulangan jemaah haji melalui Debarkasi Solo tahun ini berubah dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini karena kepadatan air traffic (lalu lintas udara) beberapa bandara di Arab Saudi.

“Sejak awal petugas daerah sudah mendapat info beberapa jadwal berubah. Ini terjadi karena kepadatan dan pengaturan traffic penerbangan di Saudi,” ujar Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Debarkasi Haji Solo, Agus Widakdo, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (25/8/2019).

Di sisi lain, dia menyebutkan jemaah haji yang pulang hingga kelompok terbang 22, Minggu, sebanyak 7.884 orang. Sementara itu pada Senin (26/8/2019) sesuai jadwal jemaah haji asal Kabupaten Bantul dan Sleman, DIY, pulang ke Tanah Air.

Mereka terdiri atas tiga kloter yaitu kloter 25, 26, dan 27. Kloter 25 dijadwalkan tiba di Debarkasi sekitar pukul 05.10 WIB, kloter 26 pukul 20.25 WIB dan kloter 27 pukul 23.05 WIB. Namun jadwal tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

Sementara itu jemaah haji yang wafat di Tanah Suci hingga kemarin mencapai 42 orang. Sedangkan yang wafat di pesawat satu orang dan yang wafat di Tanah Air satu orang.

”Petugas dan jemaah haji yang sakit sembilan orang. Dari jumlah itu delapan orang petugas dirawat di RSUD dr. Moewardi Solo. Sedangkan jemaah haji yang satu dirawat di RSUD Banjarnegara,” papar dia.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten