SOLOPOS.COM - Jalan searah (ilustrasi/JIBI/dok)

Lalu lintas Sukoharjo bakal menerapkan sistem satu arah di Jl. Veteran.

Solopos.com, SUKOHARJO – Sistem satu arah (SSA) bakal diberlakukan di ruas Jl. Veteran mulai dari Simpang Lima Sukoharjo atau proliman hingga Simpang Empat Carikan. Instansi terkait telah melakukan uji coba permberlakuan SSA di Jl. Veteran selama beberapa menit, Jumat (22/7/2016).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat, tim gabungan dari Dinas Perhubungan Informatika dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo dan Satlantas Polres Sukoharjo melakukan uji coba pemberlakuan SSA di Jl. Veteran sekitar pukul 10.00 WIB. Hal itu dilakukan untuk mengetahui dampak pemberlakuan SSA di Jl. Veteran.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, mengatakan hasil ujicoba permberlakuan SSA di Jln. Veteran bakal dikaji secara mendalam. Kajian mengenai dampak pemberlakukan SSA di Jl. Veteran dilakukan tim gabungan. Tentu saja, ujicoba SSA bakal dilanjutkan dengan sosialisasi kepada pengguna jalan, pedagang kaki lima (PKL) serta warga setempat.

“Sekarang masih dalam tahap ujicoba penerapan SSA di Jl. Veteran sekaligus sosialisasi kepada para pengguna jalan dan warga setempat,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Menurut dia, ada beberapa pertimbangan pemberlakuan SSA di Jl. Veteran yakni kondisi arus lalu lintas yang ramai terutama saat weekend. Ruas jalan itu tergolong sempit. Sementara para pengguna jalan kerap memarkirkan mobil di bahu jalan yang mengganggu arus lalu lintas.

Saat malam hari, trotoar di sepanjang ruas jalan itu dipenuhi para PKL kuliner yang menjajakan makanan dan minuman. Para pengunjung kerap memarkirkan mobil dan sepeda motor di bahu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas.

“Kondisi arus lalu lintas sangat ramai sementara lebar jalan cukup sempit. Nah, hal ini yang menjadi pertimbangan utama pemberlakuan SSA di Jl. Veteran,” ujar dia.

Dia akan berkoordinasi dengan Dishubinfokom Sukoharjo ihwal rencana pemberlakuan SSA di Jl. Veteran. Namun, Kasatlantas belum dapat memastikan waktu pemberlakuan SSA di Jl. Veteran. “Belum tahu kepastian waktu pemberlakuan SSA di Jl. Veteran. Masih menunggu hasil kajian ujicoba dan dampak pemberlakuan SSA,” terang dia.

Mantan Kasatlantas Polres Temanggung ini menjelaskan ada wacana pemberlakuan SSA di Jl. Ahmad Yani tepatnya di depan Pasar Ir. Soekarno. Kondisi arus lalu lintas di ruas jalan itu juga sangat padat pada pagi hari-sore hari. Saat Lebaran, terjadi penumpukan kendaraan bermotor di depan Pasar Ir Soekarno.
Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Informatika dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo, R.M. Suseno Wijayanto, mengungkapkan hal senada.

Hasil uji coba pemberlakuan SSA di Jl. Veteran bakal dievaluasi secara komprehensif. Dia ingin mengetahui dampak positif dan negative dari ujicoba permberlakuan SSA di Jl. Veteran.
Suseno juga belum dapat memastikan waktu pemberlakuan SSA di Jl. Veteran.

“Untuk sementara masih dalam tahap uji coba pemberlakuan SSA di Jl. Veteran. Nanti dievalusi terlebih dahulu, jadi kemungkinan pemberlakuan SSA di Jl. Veteran masih lama,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya