SOLOPOS.COM - Kawasan Simpang Lima Jl. Jenderal Sudirman Sukoharjo akan menjadi kawasan steril dari kendaraan umum saat Pawai Pembangunan Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (30/8). Foto diambil Jumat (29/8/2014). (iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–-Arus lalu-lintas (lalin) sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari Patung Jamu, Bulakrejo sampai Terminal Bus Sukoharjo, sejauh kira-kira 4 kilometer pada Sabtu (29/8/2014) akan dialihkan ke berbagai jalan.

Rencananya jalan tersebut ditutup selama lima jam mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB untuk Pawai Pembangunan Kabupaten Sukoharjo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Daerah Sukoharjo, Agus Santosa dalam siaran pers yang diterima Espos, Jumat (29/8) menyebutkan, arus dari arah utara (Solo ke Wonogiri) akan dialihkan melalui melalui Simpang Tiga Rumah Sakit (RS) Nirmala Suri ke kiri, Pertigaan Bogo ke kanan melalui Jl. Pahlawan dan Jl. Dr Sutomo.

Sebaliknya, ujar dia, arus kendaraan dengan tonase kurang dari 8.000 kilogram dari selatan (Wonogiri ke Solo) dialihkan ke Jl. Rajawali-Jl. KH Samaudi-Perempatan Carikan belok kiri-Pertigaan Pasar Cuplik ke kanan.

Sampai Pertigaan Parangjoro lurus melalui Pertigaan Telukan. “Atau Simpang Tiga Parangjoro belok kiri Perempatan Pondok belok kanan sampai Pertigaan Langernharjo lurus tembus Pertigaan SAS FA Solo Baru,” papar Agus.

Kendaraan Berat

Sementara itu untuk kendaraan lebih dari 8.000 kilogram seperti truk dan bus, yang dari Wonogiri ke Solo akan dialihkan ke Perempatan Terminal Bus Sukoharjo ke kanan. Kendaraan berat itu dialihkan menyusuri Jl. Dr Sutomo-Jl. Pahlawan-Pertigaan Bogo belok kiri sampai RS Nirmala Suri Bulakrejo ke kanan.

Sedangkan untuk pawai jalan kaki akan dimulai dari halaman Setda Sukoharjo. “Nanti ada drum band purna Paskibra, drum band SMPN 1 Sukoharjo, SMPN 1 Gatak, SMPN 1 Weru, batik carnival Kelurahan Ngdirejo Kartasura dan sebagainya.”

Sedangkan untuk pawai mobil hias akan dimulai dari Patung Jamu Gendong di Bulakrejo dan berakhir di Perempatan garasi bus Wahyu Gayam. Untuk pawak mobil hias akan diikuti mobil Rantis TNI, Jip Muspika, mobil lurah dan mobil hias lainnya.

Secara terpisah Plt Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo, Bambang Sutrisno menambahkan pengalihan arus ini merupakan evaluasi pengalaman serupa beberapa waktu lalu.

Saat itu dinilai banyak penumpukan arus di Jl. Diponegoro. Pengalihan arus tersebut rencananya dimulai hari ini pukul 12.00 WIB. Sementara, penutupan arus dimulai pukul 13.00 WIB. “Biasanya penutupan sampai Magrib,” papar dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya