LALU LINTAS SUKOHARJO : 6 Sopir Teladan Raih Penghargaan

 Petugas Satlantas Sukoharjo mewawancarai salah satu sopir angkutan kendaraan umum, Rabu (25/3/2015) di Rumah Makan Anugerah. Lomba sopir teladan ini rutin digelar setiap tahun oleh Dishub Sukoharjo. (Okkie Pritha Cahyani/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas Sukoharjo mewawancarai salah satu sopir angkutan kendaraan umum, Rabu (25/3/2015) di Rumah Makan Anugerah. Lomba sopir teladan ini rutin digelar setiap tahun oleh Dishub Sukoharjo. (Okkie Pritha Cahyani/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Sukoharjo diwarnai dengan penghargaan dari Dinas Perhubungan Sukoharjo kepada sopir teladan yang memenangi lomba.

Solopos.com, SUKOHARJO — Enam sopir kendaraan umum menerima penghargaan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Senin (30/3/2015). Penghargaan ini diberikan kepada pemenang lomba sopir teladan yang telah diadakan pada Rabu (25/3/2015) di Rumah Makan Anugerah.

Pemenang lomba mendapat hadiah uang senilai Rp200.000 sampai Rp1 juta. Tak hanya mendapat hadiah uang, juara I dan juara II lomba sopir teladan ini mendapat kesempatan untuk berlomba kembali ke tingkat provinsi. Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan, Sumini, akan terus dilakukan pelatihan bagi dua pemenang yang maju ke tingkat provinsi. Ia berharap salah satu dari sopir angkutan kendaraan umum ini bisa menjadi pemenang di tingkat nasional.

Lomba ini diikuti 60 sopir angkutan kendaraan umum di Sukoharjo, baik sopir taksi, sopir angkudes, sopir mikromini maupun sopir bus. “Sebenarnya ada lebih dari 100 sopir angkutan umum di Sukoharjo, namun kami membatasi hanya 60 orang saja,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com di kantornya.

Selain melibatkan Dishub, lomba ini juga melibatkan petugas Satlantas Sukoharjo serta Jasa Raharja. Sebelum lomba, sopir angkutan umum mendapat pembekalan terlebih dahulu pada Selasa (24/3/2015). Barulah keesokan harinya lomba digelar.

Lomba ini terdiri dari dua tahap, yakni tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis ini berisi pertanyaan tentang marka jalan, rambu lalu lintas dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan sopir angkutan umum. Setelah tes tertulis selesai, sopir angkutan umum ini akan diwawancarai tiga juri dari petugas Satlantas, petugas Dishub dan pegawai Jasa Raharja. “Sopir ini tampak antusias saat lomba dilakukan, bahkan mereka meminta lomba seperti ini sering diadakan,” ujar Sumini.

Menurut Kepala Dishub Sukoharjo, RM Suseno Wijayanto, lomba ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan. Lomba ini bertujuan untuk memberikan motivasi pengembangan diri baik aspek keterampilan, maupun pengetahuan umum. Selain itu, lomba ini juga bertujuan mendudukan awak kendaraan umum atau sopir agar sejajar dengan insan lainnya. Suseno menilai pengetahuan tentang cara berlalu lintas yang baik penting untuk diketahui pengguna jalan, terlebih sopir angkutan kendaraan umum.

“Karena yang dibawa sopir ini tidak hanya nyawa diri sendiri, tapi juga nyawa orang lain,” ungkap Suseno saat dimintai tanggapan terkait lomba ini.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Unik, 200 Santri Ponpes Ini Menyatu dengan Alam dan Memelihara Hutan

Salah satu alasan pemilihan ponpes itu di tengah kawasan hutan yakni menyelaraskan diri dengan alam.

PSG Menang Dramatis atas Lyon, Messi Belum Bertaji

Gol Mauro Icardi mengantarkan Paris Saint-Germain memetik kemenangan dramatis 2-1 atas Olympique Lyon.

Teka-Teki Pria Meninggal Saat Live TikTok di Jatinegara

Polisi enggan menyimpulkan apakah minuman keras dan obat-obatan tersebut ada kaitannya dengan peristiwa kematian korban.

PM Spanyol Tunda ke Acara PBB Gara-Gara Gunung Meletus

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk.

Chelsea ke Puncak Klasemen Seusai Bekuk Tottenham, Tuchel Girang

Chelsea bermain apik sangat menundukkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di London.

Satpol PP Sukoharjo Gencar Patroli Prokes Selama PPKM Level 3, Begini Hasilnya

Petugas Satpol PP Sukoharjo tetap gencar melakukan patroli protokol kesehatan atau prokes di berbagai penjuru wilayah selama PPKM level 3.

PDIP Sragen Sumbang 10.000 Vaksin Covid-19 untuk Warga, Bupati Ikut Nyuntik

DPC PDIP Sragen menyumbang 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat yang didanai dari semua anggota FPDIP di DPRD.

Warga Gempol Klaten Raup Jutaan Rupiah dari Usaha Maggot, Masalah Sampah Pun Kelar

Warga Desa Gempol, Karanganom, Klaten, tak hanya meraup untuk menjanjikan dari usaha budidaya maggot tapi juga menyelesaikan masalah sampah.

Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.

Irjen Napoleon Disebut Lumuri Tubuh Muhammad Kece dengan Kotoran

Napoleon menyebut perbuatan Muhammad Kece sangat membahayakan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wow, Desa Tawangsari Boyolali Jadi Rujukan Studi Banding

Skala prioritas utama program pembangunan Desa Tawangsari berdasarkan kehendak rakyat.

Bantu Luluskan PKH, Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar Dapat Tambahan Modal Rp20 Juta

Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar yang beranggotakan para penerima bantuan PKH mendapat tambahan modal untuk pengembangan usaha.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Operasi Patuh Candi Boyolali Dimulai Senin, Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas Jadi Sasaran

Polres Boyolali siap menggeber Operasi Patuh Candi 2021 dengan sasaran pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lalu lintas.

Hasil Liga 1 2021-2022: Tundukkan Arema Malang 2-1, PSS Sleman Raih Poin Penuh

Arema Malang unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Johan Ahmad Alfarizi menit ke 35