SOLOPOS.COM - Pengendara mobil dan sepeda motor melintasi jalan dengan sistem dua arah di Jl. Slamet Riyadi, Purwosari, Solo, Kamis (23/6/2016). Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) Purwosari-Gendengan menurut rencana akan diundur Dishubkominfo Kota Solo setelah Lebaran 2016. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Solo, Polresta meminta Pemkot Solo menambah rambu-rambu lalin di SSA Purwosari.

Solopos.com, SOLO–Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Solo meminta kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) segera melengkapi rambu lalu lintas di Jl. Slamet Riyadi Gendengan-Purwosari. Hal itu berkaitan dengan penerapan sistem satu arah (SSA) di jalan tersebut pada Selasa (13/9/2016).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Prayudha Widiatmoko, mengatakan satlantas mendukung penuh pelaksanaan SSA di Gendengan-Purwosari. Sebelum pelaksanaan SSA telah memberikan dua rekomendasi penting kepada Dishubkominfo Solo. Dua rekomendasi tersebut yakni sosialisasi kepada warga dengan memasang spanduk dan memasang rambu lalu lintas.

“Kami terus melakukan pemantauan persiapan SSA di Gendengan-Purwosari. Koordinasi dengan Dishubkominfo terus dilakukan agar dalam penerapan SSA nanti tidak ada kendala,” ujar Prayudha kepada wartawan di kantornya, Jumat (9/9/2016).

Prayudha mengatakan dari dua rekomendasi tersebut hanya persoalan pemasangan rambu lalu lintas yang dinilai belum lengkap. Ia mencontohkan pemasangan rambu penunjuk arah jalan alternatif SSA belum dipasang. Hal itu sangat penting agar pengguna jalan tidak kebingungan.
Selain itu, penerapan kebijakan jalan searah dan contra flow (melawan arus) khusus angkutan umum di Jl. Slamet Riyadi ruas Purwosari-Gendengan juga belum diberikan penanda khusus. Dishubkominfo, lanjut dia, diharapkan segera melangkapi rambu lalu litas di jalur SSA Gendengan-Purwosari agar tidak terjadi persoalan dikemudian hari.
“Kami akan menerjunkan sebanyak 36 personel ketika penerapan SSA nanti. Personil tersebut standby di tiga pos polisi sepanjang Gendengan-Purwosari,” kata dia.

Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Made Ray Ardana, mengatakan selama uji coba SSA Satlantas tidak akan melakukan tindakan bagi pelanggar lalu lintas. Penindakan baru dilakukan setelah uji coba selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya