Tutup Iklan

LALU LINTAS SOLO : Purwosari-Gendengan Berlaku SSA, Kota Barat Macet

LALU LINTAS SOLO : Purwosari-Gendengan Berlaku SSA, Kota Barat Macet

SOLOPOS.COM - Pengendara mobil dan sepeda motor melintas saat penerapan sistem satu arah (SSA) pada hari pertama di kawasan Purwosari, Solo, Selasa (13/9/2016). (Dok/JIBI/Solopos)

Kemacetan Solo, Jl. dr. Moewardi kawasan Kota Barat menjadi titik kemacetan baru setelah SSA diberlakukan di jalur Gendengan-Purwosari.

Solopos.com, SOLO -- Ruas Jl. dr Moewardi di kawasan Kota Barat menjadi titik macet baru di Kota Solo. Hal itu terjadi setelah Pemkot Solo menerapkan sistem satu arah (SSA) di Purwosari-Gendengan sejak 13 September 2016.

Kanit Dikyasa Polresta Solo, AKP Nur Affandi, mewakili Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Safi’i, mengatakan penerapan SSA di Puwosari-Gendengan berdampak munculnya titik macet baru di Solo. Lokasi kemacetan di dalam Kota Solo yang awalnya terpusat di Purwosari sekarang bergeser di pertigaan Kota Barat.

“Kami tidak menduga sebelumnya Jl. dr. Moewardi menjadi titik macet baru di Kota Solo,” ujar Affandi kepada Solopos.com, Rabu (12/10/2013).

Affandi mengatakan puncak kemacetan di Jl. dr. Moewardi terjadi pada jam pulang sekolah pukul 13.00 WIB-14.00 WIB dan jam pulang kerja pukul 15.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Kemacetan di jalan tersebut bertambah parah ketika kereta api melintas.

“Kami menempatkan empat sampai lima petugas untuk mengatur lalu lintas pada saat jam padat. Kalau tidak ada petugas, kemacetan di Jl. dr. Moewardi bertambah parah,” kata dia.

Ia mengatakan Pemkot Solo harus segera mencari solusi mengatasi kemacetan di Kota Barat. Solusi tersebut misalnya membangun fly over di persimpangan sebidang Manahan.

Affandi mengatakan selama uji coba SSA Purwosari-Gendengan tingkat pelanggaran lalu lintas (lalin) mencapai ratusan kasus. Namun, mereka semua tidak dikenai sanksi karena baru tahap uji coba.

Data pelanggaran lalin akan disampaikan di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo untuk jadi bahan evaluasi. “Sesuai kesepakatan awal uji coba SSA Purwosari-Gendengan mulai 13 September sampai 13 Oktober. Kami baru menerapkan sanksi pada 14 Oktober,” kata dia.

Ia mengatakan sejak awal penerapan SSA di Purwosari-Gedengan pelanggaran lalin rata-rata 30 pelanggaran per hari. Jumlah  pelangaran berkurang sejak awal Oktober yakni 20 pelanggaran per hari. Baca juga: 4 Hari, Pelanggaran Lalin SSA Capai 45 Kasus

“Kami menyerahkan sepenuhnya ke Dishubkominfo soal kelanjutan uji coba SSA Purwosari-Gendengan apakah diperpanjang atau tidak,” kata dia.

Wakil Kasatlantas Polresta Solo, AKP Made Ray Ardana, mengatakan pelanggaran SSA di antaranya melawan arus, menerobos city walk, menyeberang jalan sembarangan, dan mobil melewati jalur contraflow bus Batik Solo Trans (BST).

“Kami akan mengusulkan Dishubkominfo agar menambah dua rambu penunjuk SSA di kawasan Masjid Kalitan dan  Jl. Wahidin. Pelanggaran paling banyak terjadi di kawasan Gendengan dengan dominasi warga luar Kota Solo,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Swab PCR, Hasilnya?

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.