SOLOPOS.COM - Salah seorang anggota Satlantas Polresta Solo memantau arus lalu lintas (lalin) di ruangan Traffic Management Center (TMC) Kantor Satlantas Polresta Solo, Kamis (4/1/2018). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Satlantas Polresta Surakarta memasang 62 unit kamera CCTV di lokasi rawan macet.

Solopos.com, SOLO — Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polresta Surakarta melengkapi Traffic Management Center (TMC) dengan 62 unit kamera closed circuit television (CCTV). Sebanyak 62 kamera CCTV tersebut dipasang di lokasi rawan macet di Kota Bengawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Imam Syafi’i mengatakan saat ini sudah ada TMC di kantor Satlantas Polresta Solo, Jl. Slamet Riyadi. TMC tersebut mulai beroperasi awal November 2017 lalu.

“Kami sekarang mudah mengawasi lalu lintas di Solo dengan TMC. Satlantas cukup memantau CCTV di ruang TMC bisa mengatur arus lalin jika terjadi kemacetan,” ujar Imam saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2018).

Imam mengatakan Satlantas dalam memasang kamera CCTV untuk keperluan TMC tidak sembarangan. Petugas melakukan analisis di lapangan terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan memasang perangkat CCTV tersebut.

“Kami juga meminta masukan dari masyarakat dan pengguna jalan saat akan memasang kamera CCTV,” kata dia.

Ia menjelaskan 62 unit kamera CCTV tersebut di antaranya dipasang di Jl. dr. Moewardi, Jl. Adisucipto, Jl. Ahmad Yani, Jl. Kolonel Sutarto, Jl. Ir. Sutami, dan Jl. Slamet Riyadi. TMC yang ada sekarang asetnya milik Korlantas Polri dan dioperasikan sepuluh anggota Satlantas Polresta Solo.

“Kami memanfaatkan TMC untuk memantau arus lalin pada libur panjang Natal dan Tahun Baru kemarin. Hasilnya cukup membantu petugas untuk bertindak di lapangan ketika ada jalan macet,” kata dia.

Satlantas, lanjut dia, mengoperasikan TMC tersebut selama 24 jam setiap hari. TMC ini bisa terkoneksi dengan Central Control (CC) Room Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Namun, untuk warga sementara ini belum bisa mengakses TMC lewat Internet. Berbeda dengan CC Room Dishub yang bisa diakses warga dengan mudah.

“Kami mendapatkan informasi dari Korlantas Mabes Polri akan menambah fasilitas TMC dengan 18 kamera CCTV yang dipasang di wilayah Sukoharjo, Karanganyar, Bayolali, Klaten, Sragen, dan Wonogiri,” kata dia.

Kapolresta Solo Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo mengatakan gedung yang dimanfaatkan untuk TMC berstatus cagar budaya. Korlantas hanya merehab pada bagian depan serta dalam agar tampak menarik.

“Kami sekarang punya ruang khusus sendiri untuk memantau arus lalin di Solo. Sebelum ada TMC pantauan lalin memanfaatkan CC Room milik Dishub Solo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya