LALU LINTAS SOLO : Puncak Arus Mudik Libur Panjang Diperkirakan Akhir Pekan Ini
Kepadatan lalu lintas terlihat di Jl. Slamet Riyadi Solo, Selasa (29/3/2016). Kepadatan lalu lintas tersebut terjadi akibat pohon tumbang yang melintang di ruas jalan protokol Kota Solo tersebut. (Ivanovic Aldino/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Solo, akhir pekan diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik menjelang libur panjang akhir tahun.

Solopos.com, SOLO -- Gelombang arus mudik menjelang masa libur panjang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Solo diprediksi berlangsung pada Jumat (23/12/2016) hingga Selasa (2/1/2017) mendatang. Sedangkan puncaknya akan terjadi akhir pekan ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro, menyampaikan peningkatan volume kendaraan di dalam kota diprediksi mulai meningkat pada H-2 Natal 2016 atau Jumat hingga berakhirnya masa liburan Tahun Baru 2017.

“Kota Solo masih menjadi destinasi pariwisata dan tujuan mudik. Diperkirakan gelombang pemudik mulai masuk sini H-2 Natal [Jumat] dan baru kembali normal setelah cuti bersama Tahun Baru berakhir,” jelasnya saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (20/12/2016).

Baskoro mengemukakan kebanyakan kendaraan diprediksi masuk Kota Solo dari arah barat seperti Semarang, Jogja, Jakarta, dan Jawa Barat. Meskipun demikian, pergerakan kendaraan di dalam kota diperkirakan masih terkendali lantaran banyak warga yang juga berlibur ke luar kota.

“Dari arah timur juga ada yang masuk, namun  jumlahnya tidak terlalu signifikan. Sebagian besar dari arah barat. Tapi lalu lintas dalam kota, menurut prediksi kami tidak sampai macet total karena warga Solo juga banyak yang berlibur ke luar kota,” terangnya.

Terkait penerapan rekayasa lalu lintas khusus pada masa libur panjang akhir tahun, dia masih menyiapkannya bersama jajaran kepolisian. Baskoro telah menyiapkan upaya mendukung kelancaran lalu lintas di Kota Bengawan antara lain pengendalian lalu lintas lewat sistem transportasi pintar hingga penataan parkir. “Ada 419 personel yang disiagakan penuh selama libur akhir tahun,” jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, memprediksi puncak arus mudik penumpang jalur darat yang menggunakan transportasi umum massal bakal terjadi Jumat-Sabtu (23-24/12) mendatang. “Prediksi kami akhir pekan ini puncaknya,” terang dia.

Joko mengatakan pengelola terminal itu telah menyiagakan personel untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim mudik libur panjang akhir tahun ini. “Kami siapkan petugas untuk membantu penguatan pelayanan dan kenyamanan bagi penumpang pada masa libur panjang Natal dan Tahun Baru,” katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom