SOLOPOS.COM - Kabel telekomunikasi melintang rendah dan hanya disangga bambu di Jl. Slamet Riyadi, Purwosari, Solo, Senin (26/12/2016). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Solo, pengguna jalan di Purwosari terancam bahaya dari kabel yang melintang rendah.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pengguna jalan mengeluhkan kabel yang melintang rendang dan membahayakan pengendara di tengah persimpangan Jl. Slamet Riyadi dan Jl. Transito, Purwosari, depan pusat perbelanjaan Robinson Sari Petojo, sepekan terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di lokasi, Senin (26/12/2016), dua batang bambu menyangga kabel telekomunikasi yang melintang rendah tersebut. Water barrier (barikade air) dipasang mengelilingi ganjalan penopang  itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah seorang sopir becak yang mangkal di depan Stasiun Purwosari, Winarto, 40, mengatakan kabel telekomunikasi melintang rendah sepekan terakhir karena tiang penyangganya miring. “Dulu habis hujan deras, tiangnya miring seperti itu. Setelah dilaporkan, petugas memasang bambu untuk menyangga. Tapi sampai sekarang tidak segera diperbaiki,” kata dia saat ditemui Solopos.com, Senin siang.

Dia khawatir tiang miring dan kabel melintang rendah membahayakan pengguna jalan. “Takutnya kalau tiang tiba-tiba ambruk atau bambu pengganjalnya tertabrak orang,” keluhnya.

Salah seorang pengguna jalan, Kurniawan, 24, menyebut keberadaan kabel melintang rendah di jalan Purwosari itu cukup mengganggu. “Posisinya kan di tengah kawasan padat kendaraan. Apalagi ini musim liburan. Saat palang kereta api menutup, ruang gerak kendaraan juga makin terbatas,” tuturnya.

Kurniawan berharap pihak yang berwenang segera bertanggung jawab memperbaiki jaringan telekomunikasi tersebut. “Ini sudah sepekan belum diperbaiki. Harusnya segera dibenahi,” ujar dia.

Terpisah, saat dimintai konfirmasi, Kepala Seksi Rekayasa Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Ari Wibowo, menyampaikan telah melaporkan kejadian tersebut kepada PT PLN APJ Surakarta.

“Kabelnya memang membahayakan pengguna jalan. Tempo hari sudah kami pasangi water barrier untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan. Kejadian ini juga sudah kami laporkan ke PLN,” jelasnya.

Sementara itu, Manajer PLN Area Kota, Irvan Hardiansyah, menjelaskan telah mengecek laporan warga tersebut. “Kami sudah mengecek kabel yang melintang rendah di Purwosari. Kemungkinan itu kabel telekomunikasi milik anak perusahaan PLN. Sudah kami teruskan laporannya agar segera ditindaklanjuti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya