LALU LINTAS SOLO : 9.852 Pengendara Terjaring Razia dalam 20 Hari Operasi Keselamatan Candi

 Ilustrasi razia polisi lalu lintas. (Instagram-@satlantasgrobogan)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi razia polisi lalu lintas. (Instagram-@satlantasgrobogan)

Sebanyak 9.852 pengendara terjaring razia selama Operasi Keselamatan Candi 2018, 5-25 Maret.

Solopos.com, SOLO — Aparat Polresta Surakarta telah menyelesaikan Operasi Keselamatan Candi 2018 mulai 5 Maret sampai 25 Maret. Sebanyak 9.852 pengendara terjaring razia dalam 20 hari itu.

Sementara itu, satu kecelakaan maut terjadi di perempatan Genengan Jl. Sumpah Pemuda, Mojosongo, Jebres, dengan korban empat orang meningal dunia dan beberapa orang lainnya terluka. (Baca: Diawali Truk Rem Blong, Begini Kronologi Laka Genengan Mojosongo)

Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Imam Syafi’i mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo mengungkapkan sebagian besar pelanggaran lalu lintas (lalin) selama Operasi Keselamatan Candi terjadi di jalan utama Kota Solo. Dari 9.852 pengendara yang terjaring razia itu perinciannya 1.644 pengendara diberikan surat tilang dan 8.208 pengendara diberi teguran.

“Kami hanya memberikan teguran kepada pengedara karena diketahui tidak memakai helm di jalan kampung, kendaraan tanpa spion, dan berconcengan lebih dari tiga orang,” ujar Imam saat ditemui wartawan di Mapolresta Surakarta, Senin (26/3/2018).

Imam menjelaskan selama Operasi Keselamatan Candi ada sebanyak 50 kecelakaan dengan korban meninggal dunia empat orang. Satu korban lakalantas meninggal di lokasi kejadian saat lakalantas di perempatan Genengan, Mojosongo, Jebres, 6 Maret.

“Kami mencatat ada korban mengalami luka berat lima orang dan luka ringan 51 orang. Total kerugian akibat lakalantas senilai Rp120 juta,” kata dia.

Kanitlaka Satlantas Polresta Surakarta Iptu Bambang Subekti menjelaskan tidak ada yang menonjol dalam operasi ketertiban lalu lintas awal tahun ini. Warga juga sudah banyak yang sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas saat berada di jalan raya.

“Kami juga beberapa kali menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas di sekolah baik SD, SMP, dan SMA di Kota Bengawan,” kata dia.

Satlantas, lanjut dia, selama Operasi Keselamatan Candi juga memasang puluhan spanduk larangan pelajar di bawah 17 tahun membawa kendaraan di sekolah. Spanduk tersebut dipasang di depan pintu masuk sekolah.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Joss! Daun Talas Beneng dari Jateng Tembus Pasar Ekspor Australia

Daun talas beneng dari Jawa Tengah berhasil menembus pasar ekspor Australia yang dihargai Rp15.000-Rp20.000 per kilogram.

Performa di Liga 1 Menurun, Persija Jakarta Depak Pelatih

Persija Jakarta resmi mendepak pelatih Angelo Alessio. Keputusan itu dibuat manajemen Macan Kemayoran menyusul hasil minor selama putaran kedua BRI Liga 1.

Sekolah Kebanjiran, Pelajar SDN 4 Kebonromo Sragen Belajar di Rumah

Banjir yang menerjang Sragen pada Selasa (18/1/2022) berdampak pada kegiatan belajar mengajar di SDN 4 Ngrampal. Sebagian siswa SD tersebut harus belajar dari rumah karena sekolah kebanjiran.

Ketahui Jenis-Jenis Vegetarian yang Sehat

Ada sejumlah diet vegetarian sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Harga Minyak Goreng di Klaten Masih Rp21.000 per Liter, Pedagang Pusing

Harga minyak goreng kemasan di pasar tradisional masih berada pada kisaran Rp19.500-Rp21.000 per liter.

Data Pribadi Dijual sebagai NFT, Ini Langkah Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo mengungkapkan telah menindak platform yang ketahuan memperjualbelikan data privasi sebagai NFT.

Waduh! Parkir 1,5 Jam, Wisatawan di Jogja Disuruh Bayar Rp350.000

Aksi parkir nuthuk atau menerapkan tarif di atas rata-rata kembali terjadi di kawasan wisata Kota Jogja.

Retribusi Fasilitas Manahan & Sriwedari Solo Naik, Termasuk Kamar Mandi

Tarif retribusi penggunaan fasilitas rekreasi dan olahraga termasuk Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari Solo naik mulai awal tahun ini.

Hujan Deras, Wilayah Setabelan Solo Tergenang Luapan Anak Kali Pepe

Meluapnya anak Kali Pepe akibat tidak muat menampung air

Tega! Pria Ponorogo Aniaya Ibu Kandung Gara-Gara Uang Penjualan Kayu

Polisi menangkap seorang pria di Dukuh Pondok, Desa Sendang, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Katimun, 55, karena tega menganiaya ibu kandungnya sendiri gara-gara uang bagi hasil penjualan kayu.

Puan Dijadwalkan Hadiri Peresmian Jembatan Gantung Girpasang

Selain ke Girpasang, rombongan Puan Maharani beserta sejumlah anggota DPR dijadwalkan mengunjungi wilayah Polanharjo, Klaten.

Masuk Kamar Tanpa Busana, Ayah Bejat Ini Tunggu Anak Tiri Selesai Mandi

Pelaku bersembunyi di kamar anak tirinya tanpa busana, menunggu korban selesai mandi. Untungnya aksi pencabulan itu gagal, pelaku ditangkap Polres Karanganyar.

Savana Dieng, Padang Rumput Khas Afrika dengan Kearifan Lokal

Padang Savana Dieng merupakan tempat perkemahan di pendakian Gunung Pangonan, Desa Karangsari, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Sempat Hilang Dicuri, Alat Pemantau Gunung Sumbing Dikembalikan

Komponen alat pemantau Gunung Api Sumbing yang sebelumnya dilaporkan hilang karena dicuri, akhirnya dikembalikan.

+ PLUS Jepara Pernah Jadi Kota Pelabuhan Terbesar Berkat Ratu Kalinyamat

Ratu Kalinyamat pernah menjadikan Jepara sebagai kota pelabuhan terbesar di Pantai Utara (Pantura) pada abad ke-16.