SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Lalu lintas Sleman ditertibkan.

Harianjogja.com, SLEMAN – Petugas kepolisian akan menindaktegas pengendara kendaraan bermotor yang terbukti menggunakan ponsel sembari mengemudi. Sedikitnya 900 personel disiagakan dalam operasi bersandi Zebra Progo 2015 yang dilaksanakan mulai 22 Oktober hingga 4 November 2015 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolda DIY Brigjen Pol Erwin Triwanto menjelaskan, dalam operasi akan melakukan penegakan hukum bagi pelanggar yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Salah satunya yang kini menjadi bentuk pelanggaran baru adalah penggunaan ponsel sembari berkemudi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sesuai UU 22/2009 [tentang lalu lintas dan angkutan jalan] Pasal 283 penggunaan ponsel merupakan bentuk kegiatan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi,” ungkapnya seusai gelar pasukan di Mapolda DIY, Kamis (22/10/2015).

Kapolda mengakui, perkembangan teknologi merubah perilaku masyarakat. Mereka kadang lupa kebiasaan memakai ponsel terbawa hingga berkendara. Bahkan, ia mengaku pernah menjadi korban tabrakan pengendara yang memakai ponsel.

“Saya melihat sendiri, pengendara motor sambil mainan ponsel, tiba-tiba menabrak mobil saya. Ini sangat berbahaya,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, penggunaan ponsel akan menjadi atensi dalam operasi zebra tahun ini. Serta sejumlah pelanggaran konvensional lainnya seperti melintas di marka arah berlawanan, melawan arus, helm tak standar dan penggunaan sabuk pengaman. Selain itu, bersamaan dengan pelaksanaan Pilkada, penggunaan knalpot blombongan juga akan ditindak tegas.

Dirlantas Polda DIY Kombes Tulus Ikhlas Pamoji berjanji tidak akan pandang bulu untuk menindak pelaku pelanggaran. Akantetapi, pihaknya akan mengambil langkah persuasif lebih dahulu. Terutama bagi massa kampanye Pilkada, akan ditempuh melalui berkoordinasi dengan pimpinan organisasi.
“Total ada 900 personel dalam operasi ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya