SOLOPOS.COM - Jl. Pemuda. Kota Semarang. (Panoramio.com)

Lalu lintas Kota Semarang dipastikan terganggu penutupan sejumlah ruas jalan, Sabtu (24/3/2018).

Semarangpos.com, SEMARANG — Rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-471 Kota Semarang bakal dibuka, Sabtu (24/3/2018). Agenda Kota Semarang itu diprediksi mempengaruhi arus lalu lintas karena bakal menutup sementara Jl. Pemuda, persis di depan balai kota setempat

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Berbagai acara telah dipersiapkan untuk meramaikan HUT Kota Lumpia yang jatuh pada 2 Mei mendatang,” ungkap pelaksana tugas (Plt.) Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Semarang Agus Joko Triyono di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/3/2018).

Ia menjelaskan pembukaan rangkaian HUT ke-471 Kota Semarang dimeriahkan dengan kegiatan senam kesehatan jasmani (SKJ) dan jalan sehat yang dilaksanakan di depan Balai Kota Semarang. Kegiatan itu bakal diikuti ribuan peserta.

Rencananya, lanjut dia, pembukaan rangkaian kegiatan untuk merayakan HUT Kota Semarang tersebut diikuti kurang lebih 6.000 peserta yang terdiri atas jajaran pegawai Pemerintah Kota Semarang, guru, pelajar, dan masyarakat umum. “Untuk itu, sepanjang Jl. Pemuda Semarang, mulai depan Mal Paragon hingga Tugu Muda akan ditutup sementara. Penutupan jalan tersebut rencananya dimulai pukul 05.30 WIB-09.00 WIB. Setelah itu, dibuka kembali,” katanya.

Masyarakat, sambung dia, diimbau menghindari ruas jalan tersebut untuk mengantisipasi kemacetan, sebab arus lalu lintas melalui Jl. Pemuda akan dialihkan ke Jl. Imam Bonjol dan Jl. Thamrin, Kota Semarang.

Untuk kegiatan pembukaan rangkaian peringatan HUT Kota Semarang, kata dia, diawali dengan pelaksanaan apel, senam, dan jalan sehat dengan rute Jl. Pemuda-Jl. Imam Bonjol-Jl. Pierre Tendean-Balai Kota Semarang. “Akan ada pembagian doorprize. Panitia telah menyiapkan berbagai hadiah, seperti sepeda motor, sepeda gunung, lemari es, televisi, kipas angin, dan berbagai hadiah lain untuk peserta yang beruntung,” katanya.

Selain itu, kata dia, dilaksanakan pula pelepasan 471 ekor burung merpati dan penerbangan 471 balon udara yang melambangkan kedamaian dan kesejahteraan. Agenda Kota Semarang itu juga akan dimeriahkan hiburan dari Senopati Band.

Agus menambahkan peringatan HUT Kota Semarang yang mengangkat tema “Bersama Rakyat, Semarang Semakin Hebat” itu akan diisi dengan berbagai kegiatan lain, seperti UKM Culinary Festival pada 20 April 2018. Ada pula Semarang Great Sale (7/4-6/5/2018), Semarang Night Carnival (5/5/2018), Festival Banjir Kanal Barat (11/5/2018), pengajian peringatan hari jadi (12/4/2018), pergelaran wayang (11/5/2018), dan balap sepeda nasional (13/5/2018).

“Hari jadi Kota Semarang ini bukan hanya milik pemerintah, melainkan juga acaranya masyarakat Kota Semarang. Bagi seluruh warga diminta berpartisipasi dan ikut memeriahkan sebagai rasa memiliki terhadap kotanya,” tandasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya