Kategori: Jateng

LALU LINTAS SEMARANG : Jalur Jalan Searah Bakal Ditambah...


Solopos.com/JIBI/Solopos/Antara

Lalu lintas Semarang diupayakan terurai dari kemacetan dengan penambahan jalur jalan searah.

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), berencana menambah jalur jalan searah di Kota Atlas. Saat ini, jalur-jalur jalan searah baru itu tengah dipersiapkan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas Kota Semarang.

"Rencananya, Februari 2017 akan diberlakukan lagi jalur searah untuk tahap berikutnya," ungkap Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dishub Kota Semarang Tri Wibowo di Kota Semarang, Rabu (25/1/2017).

Saat ini, sudah ada beberapa ruas jalan yang diubah menjadi jalur jalan searah, seperti Jl. Veteran, Jl. dr. Kariadi, sebagian Jl. M.T. Haryono, dan Jl. Menteri Supeno di Taman Keluarga Berencana (KB). Pada tahap selanjutnya, kata dia, beberapa ruas jalan di sekitar kawasan Simpang Lima, yakni Jl. Gajahmada, Jl. Ahmad Dahlan, serta Jl. M.H. Thamrin bakal disearahkan pula.

"Tujuannya mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Simpang Lima Semarang sebab ada penumpukan kendaraan. Kalau diatur searah penumpukan kendaraan bisa berkurang," katanya.

Tri mengatakan bahwa Dishub terus berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Semarang untuk kesiapan pemberlakuan jalur satu arah di tiga ruas jalan itu agar pelaksanaannya berjalan lancar. "Sementara ini, memang belum ada sanksi tilang bagi yang melanggar jalur-jalur searah itu. Namun, setelah 100 hari pemberlakuan kebijakan, sanksi tilang akan diberlakukan," katanya.

Seiring dengan pemberlakuan tindakan itu, imbuh dia, Dishub juga akan menata manajemen arus lalu lintas di setiap persimpangan yang berhubungan dengan jalur searah Kota Semarang itu, seperti rambu-rambu dan lampu pengatur arus lalu lintas. "Selama ini, masih dipasangi pembatas atau penghalang sementara dan petugas yang berjaga. Ya, agar pengguna jalan familier dengan perubahan ini. Setelah ini, akan dipatenkan," katanya.

Di sisi lain, Dinas Pekerjaan Umum juga membantu pengoptimalan perubahan jalur dua arah menjadi searah itu dengan rencana pembongkaran, terutama di jalan yang sudah diberlakukan satu arah. "Pembongkaran beberapa median jalan akan dilakukan, ada juga yang digeser," kata Kepala Dinas PU Kota Semarang Iswar Aminuddin.

Ia mencontohkan median-median jalan di Jl. M.T. Haryono menuju ke persimpangan Bangkong, Jl. Veteran persis di pertigaan RSUP dr. Kariadi, dan beberapa lainnya yang akan dibongkar. "Nantinya, akan ada median jalan yang dibongkar, ada pula yang dipasang. Makanya, kami akan berkoordinasi dengan Dishub untuk penataan ini," pungkas mantan Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono