SOLOPOS.COM - Pondasi Lampu APILL sudah dipasang di perempatan Pasar Setan, Kamis (16/11/2017).(Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Kebutuhan lampu APILL tersebut bertujuan untuk mengurai kesemrawutan lalu lintas di sekitar lokasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemasangan lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di perempatan Pasar Setan Maguwoharjo segera dilakukan. Saat ini, pondasi bagi keempat tiang lampu APILL sudah dipasang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Sulton Fathoni mengatakan, pemasangan pondasi untuk tiang lampu tersebut dilakukan pekan lalu. Tiang lampu APILL akan dipasang jika pondasi yang dibuat benar-benar siap digunakan. “Tunggu kering dulu sebelum [tiang] dipasang,” katanya kepada Harian Jogja, Kamis (16/11/2017).

Lampu APILL itu menggunakan jenis solar cell yang akan digunakan di masing-masing jalur di simpang empat itu. Pengadaan barang tersebut menggunakan anggaran APBD Perubahan 2017 dengan pagu anggaran Rp505 juta. Sejak awal, kebutuhan lampu APILL tersebut bertujuan untuk mengurai kesemrawutan lalu lintas di sekitar lokasi.

Keberadaan lampu APILL di perempatan Pasar Setan tersebut dibutuhkan karena selama ini lalu lintas di kawasan pasar yang dikelola Pemdes Maguwoharjo itu cukup semerawut. Selain berdekatan dengan aktivitas pasar sebagian bahu jalan di jadikan lahan parkir. “Terutama pada saat jam sibuk, baik pagi maupun sore hari,” katanya.

Dalam catatan Dishub Sleman, setidaknya ada 100 unit lebih kendaraan yang melintas per jamnya di persimpangan itu. Padahal, standar kendaraan per harinya antara 700 hingga 1.000 unit kendaraan. Angkanya saat ini terus naik di atas 1.500 unit kendaraan setiap hari.

Usulan penyediaan lampu APILL sebenarnya diajukan Kecamatan Depok sejak 2015 lalu. Namun, Pemkab Sleman baru dapat merealisasikan tahun ini. “Segera dipasang. Apakah butuh uji coba sebelum dioperasikan, kami akan lihat dulu situasi dan perkembangannya,” ujarnya.

Dijelaskan Sulton, terdapat sebanyak lima titik lampu APILL berjenis solar cell di wilayah Sleman termasuk di Pasar Setan. Tahun depan, pihaknya juga akan mengganti lampu APILL di pertigaan Besi, Ngaglik dengan jenis solar cell. “Selain mudah juga bisa menghemat listrik karena pasokan listriknya menggunakan tenaga matahari,” ujarnya.

Salah seorang warga Tajem Muhammad Imron berharap agar lampu APILL segera dipasang. Selain agar lalu lintas di sekitar lokasi tidak semrawut juga diharapkan tidak ada lagi pelanggaran parkir bahu jalan di sekitar perempatan itu. “Padahal sudah ada rambu dilarang parkir, tapi masih saja dilanggar. Kalau bangjo-nya dipasang, kan tidak boleh parkir di sekitar sana,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya