Lalu Lintas Kartasura Sukoharjo Diperkirakan Padat hingga 27 Desember
Lalu lintas terlihat padat di Jl. Dr. Radjiman, Singosaren, Solo, Jumat (23/12/2016). (Nikolus Irawan/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Sukoharjo pada libur Natal ini diperkirakan padat khususnya di wilayah Kartasura.

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kecamatan Kartasura, Sukoharjo diprediksi bakal menjadi salah satu titik krusial kepadatan arus lalu-lintas (lalin) di Sukoharjo pada libur Natal tahun 2016. Karena wilayah ini dinilai menjadi titik temu tiga kota besar yaitu Jogjakarta, Solo dan Semarang atau yang sering disebut Joglosemar.

“Kalau kenaikan volume kendaraan bermotor menjelang libur Natal di sejumlah jalan di Kabupaten Sukoharjo kira-kira 5 persen sampai 10 persen. Diperkirakan kepadatan arus lalu lintas, berlangsung hingga 27 Desember,” ujar Kasatlantas Polres, AKP Finan Sukma Radipta mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (23/12/2016).

Menurut dia, bertepatan hari Natal tahun ini pada hari Minggu dinilai juga menjadi salah satu pemicu kepadatan arus lalin. Selain itu libur Hari Raya Natal dinilai cukup panjang karena ada cuti bersama, pada 26 Desember.

Meski diperkirakan ada kenaikan volume kendaraan, ujar dia, khusus untuk kendaraan dari arah barat (Semarang) yang melintas di Jl. Ahmad Yani, tak dialihkan ke jalur tol Solo-Kertosono (Soker). Hal ini berbeda dengan arus mudik dan balik Lebaran Bulan Juli lalu.

Apalagi sampai saat ini pihaknya tak ada pemberitahuan dari pusat tentang pengalihan arus lalin ke tol Soker. Jika terjadi kepadatan arus lalin pihaknya akan mengarahkan kendaraan pelan-pelan ke jalan alternatif lain.

Pada bagian lain dia menjelaskan akan memantau terus arus lalin di Kartasura di antaranya Jl. Adi Soemarmo, Jl. Ahmad Yani, Jl. Slamet Riyadi dan sebagainya. Selain itu pihaknya juga memantau Jl. Raya Ir. Soekarno dan Jl. Raya Solo-Sukoharjo di Kecamatan Grogol yang diperkirakan akan menjadi jalan dengan arus lalin padat.

Meski arus lalin diperkirakan tak akan lumpuh, pihaknya tetap mengerahkan 30 personel yang disiagakan di titik rawan. Mereka diharapkan bisa membantu mengurai kemecetan jika ada kawasan yang macet.

Sementara itu salah seorang warga Kartasura, Andi, 40, mengatakan, sejak Jumat pagi mulai merasakan adanya peningkatan arus lalin. “Biasanya arus lalu-lintas di Kartasura memang sudah padat. Tapi hari ini kayaknya lebih padat dari biasanya. Mungkin ini imbas dari libur Natal,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom