SOLOPOS.COM - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, meninjau lokasi tebing longsor di jalan tembus Tawangmangu-Magetan, Jumat (12/12/2014). Dia meminta jalan tersebut ditutup untuk sementara waktu, hingga kondisi jalan aman. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Karanganyar, jalan tembus Karanganyar-Magetan diminta tetap mewaspadai longsor.

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan tembus dari Karanganyar ke Magetan, Jawa Timur, sudah dibuka dan bisa dimanfaatkan pengendara pada libur panjang akhir tahun ini. Namun demikian, pengendara diminta tetap waspada karena jalur tersebut belum benar-benar aman dari ancaman longsor.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, menyampaikan hal itu saat dihubungi Solopos.com, Minggu (25/12/2016). Jalur tembus itu sempat ditutup beberapa waktu lalu karena salah satu bukit longsor. Tanah longsor sempat menutup badan jalan. (Baca juga: Tebing di Tawangmangu Longsor, Jalan Karanganyar-Magetan Ditutup)

“Kami membuka jalur tembus. Beberapa waktu yang lalu kan memang sempat ditutup karena longsor. Nah ini dibuka. Tetapi dengan catatan kami minta pengendara waspada dan tidak nekat. Ada anggota yang berjaga di pertigaan Sekipan untuk mengarahkan pengendara,” kata Riyanto.

Riyanto menyampaikan arus lalu lintas di Tawangmangu padat pada jam tertentu selama liburan akhir tahun ini. Dia memberikan contoh arus lalu lintas dari Karanganyar ke Tawangmangu di depan Pasar dan Terminal Tawangmangu pada Minggu sekitar pukul 11.00 WIB padat.

“Sebetulnya lancar tetapi memang kendaraan itu jalan pelan-pelan. Ya biasa yang macet di depan pasar karena warga ke pasar. Selain itu di sekitar objek wisata seperti Grojogan Sewu dan Taman Balaikambang kalau liburan dan akhir pekan pasti ramai,” ujar dia.

Polres Karanganyar menyiapkan pos pemantau di sejumlah lokasi dari depan pasar hingga Cemoro Kandang. Pos tersebut akan beroperasi hingga Tahun Baru. Riyanto menyiapkan sejumlah solusi apabila terjadi kemacetan dari Karanganyar ke Tawangmangu.

“Antisipasi dari bawah [Somokado]. Ada petugas di dekat bekas tempat retribusi itu. Kalau mulai macet, pengendara diarahkan lewat jalur lama ke Tawangmangu. Jalur sudah diperbaiki dan lebar. Selain itu, pembatas jalan dekat bekas tempat retribusi juga sudah dibongkar,” tutur dia.

Tetapi, dia menyampaikan pengendara belum bisa mengakses Tawangmangu melalui Matesih. Penyebabnya adalah jalur Tawangmangu melalui Matesih sedang diperbaiki. Pertigaan dari dan menuju Tawangmangu melalui Matesih masih ditutup barikade.

“Kalau di pertigaan dekat polsek itu ada yang berjaga. Tidak bisa dilewati karena sedang diaspal. Harapan kami bisa selesai sebelum Tahun Baru. Kalau arus lalu lintas selama liburan dan Natal ini masih aman,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya