LALU LINTAS KARANGANYAR : Hujan Deras Lampu Bangjo Sering Mati
Traffic Light perempatan Colomadu Karanganyar (Dok/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Karanganyar kian padat. Sayangnya muncul keluhan ketika hujan deras lampu banjo sering padam.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejumlah persimpangan di Karanganyar rawan kecelakaan. Terlebih ketika cuaca tidak mendukung. Hal itu disebabkan ketika hujan deras, sejumlah traffic light padam.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Bambang Irwadi, mengimbau kepada pengguna jalan agar ekstra hati-hati ketika melewati persimpangan jalan. Terlebih ketika traffic light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) tidak berfungsi.

“Ketika hujan deras, sering ada pemadaman listrik, nah traffic light pun sering ikut padam. Sedangkan akhir-akhir ini intensitas hujan di Karanganyar cukup tinggi,” kata dia saat ditemui wartawan di Gondangrejo, Kamis (22/1/2015).

Selain tak berfungsinya lampu rambu-rambu lalu lintas, saat hujan deras juga akan mengganggu pandangan mata.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sejumlah aparat akan ditempatkan di persimpangan-persimpangan rawan kecelakaan untuk membantu mengatur lalu lintas.

Menurutnya, lokasi-lokasi yang paling rawan saat traffic light tidak berfungsi adalah di persimpangan besar di pusat kota.

“Terutama di pusat kota, karena intensitas kendaraan yang melintas cukup besar,” kata dia. Namun beberapa lokasi lain seperti persimpangan Sroyo, juga perlu diwaspadai. Sebab lokasi tersebut menjadi titik temu arus lalu lintas dari Sragen, Palur dan Solo.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Agus Cipto Waluyo, mengakui pada kondisi-kondisi tertentu beberapa traffic light di Karanganyar padam.

“Saat hujan deras memang beberapa sering terimbas pemadaman,” kata dia saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (23/1/2015).

Sebagai langkah antisipasi, Dishubkominfo memasang rambu-rambu darurat di setiap persimpangan. “Kami pasang penanda. Di situ tertulis bahwa lampu rambu-rambu sedang mati, harap hati-hati,” kata dia.

Di sisi lain saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan APILL di seluruh wilayah Karanganyar. Termasuk memantau kondisi APILL tersebut. “Petugas kami sedang menyisir sekaligus memperbaiki jika ada kerusakan. Itu dilakukan untuk kenyamanan pengguna kendaraan,” kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho