SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas (JIBI/Bisnis/Dok.)

Lalu lintas Jogja bakal ditata kembali

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menyiapkan dua rencana manajemen lalu lintas di Jalan Terban sebagai kelanjutan penataan lalu lintas di sekitar bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : LALU LINTAS JOGJA : Jalan Terban Ditata, Ini 2 Rencana yang Mungkin Terealisasi

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Jogja Hary Purwanto menyampaikan meski realisasi manajemen lalu lintas tersebut butuh waktu, Hary optimis tahun ini pihaknya sudah bisa mengeluarkan kebijakan untuk manajemen lalu lintas di Jalan Terban. Ia menyebut kemungkinan besar rencana kedualah yang akan dipilih karena rencana pertama justru akan menambah kepadatan di Jalan Cik Di Tiro.

Padahal ia mengatakan, salah satu tujuan rekayasa lalu lintas di Jalan Terban adalah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Ci Di Tiro yang selama ini sudah sangat begitu ramai.

Dari hasil kajian yang dilakukan Dishub Kota Jogja pada tahun 2016, Jalan Cik DI Tiro memang merupakan salah satu jalan dengan Volume-Demand-to-Capacity Ratio (V/C Ratio), atau perbandingan antara volume dengan kapasitas suatu jalan raya, tertinggi di Kota Jogja.
Dari sampel yang diambil pada pukul 06.30-07.30 WIB, jumlah mobil yang melintas di Jalan Cik Di Tiro adalah 1.328, motor sebanyak 5.609. dan kendaraan berat 30. Kendaraan yang dihitung adalah yang mengarah ke utara. Dengan jumlah kendaraan yang lewat itu, Dishub Kota Jogja mencatat V/C Ratio jalan Cik Di Tiro adalah 0,89.

“Jika V/C Ratio di atas 0,75 artinya kinerja jalannya sudah mulai memburuk. Jika nilainya satu sudah buruk. Jalan yang V/C Ratio-nya terburuk adalah Jalan Laksa Adisucipto, depan Mall Lippo nilainya satu, tapi tidak setiap saat segitu,” jelas Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Dishub Kota Jogja Muhamad Zandaru Budi, Senin (31/7/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya