SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi mengatur pembatas jalan. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Lalu lintas Jogja ditata untuk kenyamanan bersama.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Perhubungan menyiapkan konsep ‘bundaran besar’ untuk manajemen lalu lintas di sejumlah jalan sirip dan jalan penghubung Malioboro. Konsep ini disiapkan sebagai bagian dari perubahan Malioboro menjadi semi pedestrian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto menyampaikan ketika nanti Malioboro menjadi kawasan semi pedestrian, maka kendaraan bermotor, kecuali angkutan massal, tidak boleh lagi melintasi Malioboro.

Karena tidak ada kendaraan bermotor yang boleh melintasi Malioboro, Lanjut Golkari Made Yulianto, pihaknya saat ini, bekerja sama dengan Pemerintah DIY, sedang menyiapkan konsep untuk manjemen lalu lintas agar kendaraan tetap mengalir di kawasan tersebut.

“Misalnya Jalan Suryotomo sampai dengan Jalan Mataram akan mengarah ke utara. Jalan Pasar kembang ke barat sampai simpang pasar kembang atau depan stasiun. Dari situ keselatan. Jalan Bhayangkara akan dirubah ke selatan. Bundaran besarnya seperti itu,” jelasnya ketika dihubungi Kamis (13/7/2017).

Golkari Made Yulianto menambahkan untuk jalan sirip di Kawasan Malioboro seperti Jalan Dagen, Jalan Pajeksan, Jalan Beskalan, Jalan Perwakilan, Jalan Suryatmajan, Jalan Ketandang dan Jalan Pabringan ada kemungkinan dirubah jadi satu arah atau dua arah, tergantung hasil kajian nantinya.

“Masih harus dimatangkan lagi. Kalau dibuat dua arah harus disiapkan semacam bundaran maya untuk berputar kendaraan. Tapi kalau simpangnya simetris bisa saja satu arah. Misalnya jalan perwakilan yang simetris, bisa diarahkan ke barat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya