SOLOPOS.COM - Ratusan pengguna jalan terjebak macet di Jl Kiai Mojo, kawasan Jembatan Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (10/7/2014). Kemacetan itu dipicu perbaikan jalan yang dilakukan pemerintah daerah setempat. Kemacetan parah itu mulai terurai setelah sejumlah petugas Dishubkominfo dibantu warga dan polisi mengatur arus lalu lintas. (JIBI/Solopos/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Parkir kendaraan di tepi jalan di Jogja menjadi salah satu pemicu kemacetan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Jogja Komisaris Polisi Sudaryo mengatakan penyebab kepadatan arus lalu lintas di beberapa jalur di Jogja, tidak hanya karena dua lajur melainkan parkir kendaraan di jalan juga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia berharap ada tindakan tegas dari Pemerintah Kota untuk menertibkan parkir di jalan. “Catatan kita ada penertiban parkir,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Wirawan Hario Yudho mengakui parkir kendaraan di jalan menyumbang kemacetan. Pihaknya akan menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan.

Menurut dia, pada dasarnya kepadatan kendaraan di Jogja hanya pada waktu-waktu tertentu seperti musim libur. Namun, jika tidak ada upaya melakukan rekayasa lalu lintas akan membuat masyarakat jenuh terutama wisatawan. “Kita harus melakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas” kata dia.

Yudho mengimbau masyarakat untuk tidak parkir sembarangan. Acara masyarakat yang melibatkan banyak orang juga diminta untuk tidak menggunakan jalur utama karena menghambat arus kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya