SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas. (JIBI/Solopos/Antara)

Lalu lintas Jogja bakal ditata kembali

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menyiapkan dua rencana manajemen lalu lintas di Jalan Terban sebagai kelanjutan penataan lalu lintas di sekitar bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Jogja Hary Purwanto mengungkapkan rencana pertama yang sedang dikaji pihaknya adalah mengubah Jalan Terban yang sebelumnya dua arah menjadi satu arah menuju ke barat.

Rencana kedua, lanjutnya, tetap mempertahankan sistem jalan dua arah, tapi menambah lajur untuk kendaraan yang mengarah ke barat jadi tiga lajur dan sekaligus mengurangi lajur yang menuju ke arah sebaliknya menjadi hanya satu. Saat ini masing-masing ruas jalan mempunyai dua lajur untuk kendaraan.

“Dari hasil surveI, kendaraan yang melintas dari timur ke barat soalnya jauh lebih banyak,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/7/2017).

Hary mengatakan masing-masing rencana akan memiliki dampaknya sendiri-sendiri. Jika rencana pertama yang diterapkan maka ada kemungkinan akan menambah kepadatan kendaran di Jalan Cik Di Tiro. Pasalnya kendaraan yang datang dari arah utara (Jalan Kaliurang) dan timur akan langsung menuju Jalan C Simanjuntak jika hendak menuju UGM.

Sedangkan untuk rencana kedua, imbuhnya, dampak yang dihasilkan adalah pengurangan trotoar. Ia mengatakan nantinya lajur kendaraan menuju arah barat akan ditambah masing-masing setengah meter, baik ke kiri maupun ke kanan

Hary menambahkan dampak lain yang mungkin juga timbul ketika lajur kendaraan ke arah barat ditambah adalah tersendatnya pergerakan kendaraan dari arah barat menuju timur. Namun ia menyatakan tidak akan terjadi kemacetan, hanya penurunan kecepatan saja.

“Semua masih dihitung. Jangan sampai menimbulkan masalah lain. Kalau penambahan lajur memang akan mengurangi trotoar, tapi fasilitas untuk pejalan kaki tetap akan kami sediakan. Itu yang masih kami kaji dan itu perlu waktu,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya