Tutup Iklan -->
LALU LINTAS JOGJA : Dianggarkan Rp800 Juta, Dishub Tambah 2 APILL Tenaga Surya
Mencuci APILL

Lalu lintas Jogja, fasilitas APILL akan ditambah

Solopos.com, JOGJA -- Dinas Perhubungan Kota Jogja berencana menambah dua traffick light atau Alat Pemberi Isyarat Lampu Lalu Lintas (APILL) bertenaga surya tahun ini. Dua APILL dengan daya listrik yang bersumber dari matahari tersebut akan ditempatkan di Simpang Empat Rumah Sakit Wirosaban dan Simpang Empat Jalan Batikan.

“Anggarannya sekitar Rp800 juta dan bulan ini dalam proses pelelangan pengadaan APILL berpanel tata surya,” kata Kepala Seksi Rekayasan Lalu Lintas, Bidang Rekayasan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Pehubungan Kota Jogja, Windarto, Jumat (14/4/2017).

Windarto mengatakan penempatan APILL dengan tenaga tata surya di dua lokasi tersebut dengan pertimbangan tidak memungkinkan lagi menggali tanah untuk jalur kabel. Selain itu Apil bertenaga surya lebih efektif karena tidak perlu suplai listrik dari perusahaan listrik negara (PLN).

Nantinya kedua APILL tersebut akan dilengkapi dengan baterai penyimpan listrik otomatis sehingga akan tetap menyala meski pun dalam kondisi listrik PLN mati. Windarto mencatat total sudah ada 12 Apill bertenaga surya yang dipasang di simpang jalan. “Kami akan terus menambah APILL dengan tenaga tata surya secara bertahap.” Ujar Windarto.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho