SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Kepadatan lalu lintas di DIY akan terus berlangsung sampai dengan perayaan tahun baru 2013 mendatang. Dari pengamatan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) jumlah kendaraan luar daerah yang masuk DIY meningkat 50%-60% jika dibandingkan liburan Natal 2011 dan tahun baru 2012.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Kepala Bidang Lalu Lintas Darat dan Laut DIY, Rudi Soelistyono mengatakan dominasi kepadatan adalah jenis kendaraan pribadi. Saking banyaknya menyulitkan petugas mengurai karena kendaraan yang masuk tidak bisa diprediksi. Yang bisa dilakukan pemerintah adalah mengurai kemacetan kerja sama dengan jajaran kepolisian untuk pengaturan lalu lintas secara manual.

“Untuk jumlah kendaraan yang masuk DIY mengalami peningkatan luar biasa. Tapi diperkirakan meningkat 50-60 persen dibandingkan tahun lalu,” ujarnya, Rabu (26/12/2012).

Sebenarnya, serbuan kendaraan luar DIY sudah diprediksi jauh hari sebelumnya. Karena Jogja sudah menjadi tujuan wisatawan untuk mengisi liburan akhir tahun. Meski sarana prasarana telah disiapkan namun tetap saja kepadatan ditemui dimana mana. Yang perlu dipahami kepadatan lalu lintas ini bersifat insidentil yang terjadi ketika musim liburan tiba. Lalu lintas setelah tahun baru akan kembali seperti semula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya