SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di Jalan C. Simanjuntak Jogja siap dipermanenkan dalam waktu dekat setelah Dinas Perhubungan melakukan sosialisasi tahap akhir dengan masyarakat di wilayah itu pekan ini.

“Pada Kamis [14/8/2014] sudah ada rencana sosialisasi tatap muka dengan masyarakat terkait perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di Jalan C. Simanjuntak,” kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja Windarto, Senin (11/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, satu pekan atau paling lambat dua pekan setelah sosialisasi, Jalan C. Simanjutkan sudah berubah dari jalan dua arah menjadi jalan satu arah ke arah selatan.

Sebelum melakukan perubahan arus lalu lintas, Dinas Perhubungan Kota Jogja sudah melakukan serangkaian uji coba yang dilaksanakan menjelang Lebaran dengan hasil yang cukup baik.

Salah satu indikator yang digunakan oleh Dinas Perhubungan adalah menurunnya “volume capacity ratio” atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan volume kendaraan dari 0,8 menjadi 0,4.

“Dari pengamatan visual, rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tersebut selama uji coba juga meningkat dibanding sebelum uji coba. Hal itu disebabkan ruang jalan menjadi lebih luas dan berkurangnya hambatan berupa kendaraan yang parkir di tepi jalan,” katanya.

Sebelum dilakukan uji coba, kendaraan roda empat parkir di sisi kanan dan kiri jalan, sedangkan saat uji coba, hanya diperbolehkan parkir di satu sisi jalan yaitu di kiri.

Perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di Jalan C. Simanjuntak akan menimbulkan dampak kepadatan di ruas jalan lain seperti di simpang empat Mirota Kampus.

“Untuk antisipasinya, kami akan memperpanjang waktu lampu hijau di lengan timur simpang empat Mirota. Perpanjangan waktu tersebut dapat dilakukan karena fase lampu lalu lintas akan berkurang dari empat menjadi tiga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya