Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

 Ilustrasi membacakan dongeng sebelum anak tidur. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membacakan dongeng sebelum anak tidur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah kebiasaan baik sebelum anak tidur ini sebaiknya diterapkan sejak kecil. Tujuannya agar terbentuk rutinitas yang dapat membantu buah hati Anda agar tidur lebih berkualitas.

Salah satu kebiasaan baik sebelum tidur yang bisa diterapkan agar anak lebih pulas adalah menghindari bermain gadget. Sebab paparan sinar biru tidak baik untuk kesehatan mata dan membuat buah hati Anda tidak mengantuk.

Ada sejumlah kebiasaan baik lainnya sebelum tidur yang bisa diterapkan agar anak tidur lebih pulas. Berikut ini di antaranya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (26/11/2021):

1. Tetapkan jadwal tidur yang rutin setiap harinya

Mengutip My Cleveland Clinic, agar anak-anak terbiasa tidur dalam durasi yang cukup, usahakan menetapkan jadwal tidur yang konsisten setiap malam.
Ini termasuk salah satu kebiasaan baik sebelum tidur untuk anak.

Baca Juga: Begini Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Misalnya saat jam 9 malam, anak-anak sudah harus tidur. Oleh sebab itu, kegiatan menjelang jam tersebut ditujukan untuk persiapan tidur seperti menggosok gigi, berganti pakaian, dan sebagainya. Usahakan semua aktivitas anak sudah selesai 1 jam sebelumnya agar anak tidak melewatkan jam tidurnya. Hindari belajar atau mengerjakan PR menjelang jam tersebut.

2. Berhenti menggunakan gadget sebelum tidur

Tanamkan aturan untuk mulai berhenti menonton TV dan bermain gadget, seperti laptop, komputer, HP, atau tablet setidaknya dari 1-2 jam sebelum anak tidur.

Lebih baik lagi, berlakukan juga aturan ini untuk anggota keluarga yang lain agar anak bisa mengambil contoh. Menurut American Optometric Association, paparan cahaya biru dari layar pada malam hari dapat menghambat kerja hormon melatonin yang membantu seseorang untuk tidur.

Selain itu, pancaran sinar tersebut bisa mengganggu jam biologis anak. Jadi, bila menghabiskan waktu berjam-jam untuk main gadget sebelum tidur, anak akan lebih sulit untuk terlelap.

Baca Juga:  Begini Sifat Orang Dengan Weton Jumat Legi Seperti Anak Raffi Ahmad

Bahkan setelah tidur cukup sekalipun, anak yang hobi main gadget di malam hari akan lebih sulit bangun pagi, kurang bersemangat keesokan harinya, serta mudah mengantuk saat di kelas.

3. Membersihkan diri sebelum tidur

Membersihkan tubuh merupakan kebiasaan baik sebelum tidur untuk anak. Ajarkan ia untuk mencuci tangan, mencuci kaki, serta menyikat gigi sebelum tidur.

Pastikan ia melakukan ritual bersih-bersih ini setiap malam, termasuk di akhir pekan dan hari libur.  Bahkan meski ia merasa ngantuk atau kecapekan, kebiasaan baik sebelum tidur untuk anak ini sebaiknya tidak terlewatkan.

Baca Juga: Video Musik Boy With Luv BTS Raih 1,4 Miliar Views di Youtube

Tujuannya agar kebiasaan positif ini ia bawa terus hingga dewasa. Gigi dan gusi yang bersih sebelum tidur dapat terhindar dari penumpukan sisa makanan sepanjang malam. Dengan begitu si kecil dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti bau napas dan gigi berlubang.

4. Pastikan anak tidur dalam keadaan kenyang

Jangan biarkan anak tidur dalam keadaan lapar. Perut keroncongan akan membuatnya gampang terbangun di tengah malam dan minta camilan yang tidak sehat. Meski begitu, melansir Nationwide Children’s, sebaiknya hindari kegiatan makan makanan berat sebelum anak tidur. Hal ini malah membuat anak jadi susah tidur karena kekenyangan.

Jika ia masih merasa lapar setelah makan malam, tidak apa untuk memberikan camilan pengganjal lapar seperti biskuit, buah, atau sereal sekitar 1-2 jam sebelum tidur.

5. Hindari minuman berkafein di malam hari

Sebaiknya, anak tidak lagi minum minuman yang banyak mengandung kafein antara lain soda, kopi, teh, dan cokelat.  Minum minuman ini bukanlah kebiasan baik sebelum tidur untuk anak maupun orang dewasa.

Baca Juga: Ini Kiat Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Bukan hanya menjelang tidur, bahkan minuman ini sebaiknya Anda hindari di malam atau sore hari. Ini karena kafein dapat memengaruhi jam biologis tubuh. Mengutip situs Sleep Education, studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein sekitar 6 jam sebelum jam tidur dapat mengurangi jam tidur sebanyak 1 jam.

6. Membacakan cerita sebelum tidur

Kebiasaan baik sebelum tidur untuk anak berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur. Terutama pada anak umur 2 hingga 4 tahun, membaca buku tentunya merupakan kegiatan bersama anak sebelum tidur yang menyenangkan.

Selain akan mempererat hubungan dengan si kecil, kegiatan ini juga bisa membantu anak belajar membaca, mengasah perkembangan otak dan imajinasinya, sekaligus menumbuhkan minat baca anak. Pilih cerita anak dengan kandungan pesan moral yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga bisa dipetik manfaatnya.

Bila tidak menemukan bacaan yang cocok, cobalah ganti dengan cerita karangan Anda sendiri.  Anda juga bisa meminta si kecil bercerita tentang aktivitas yang sudah ia lakukan di sepanjang hari sebagai salah satu bentuk melakukan kebiasaan baik sebelum tidur untuk anak.

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

50 Kota dengan Selfie Terbanyak di Dunia, Termasuk Yogyakarta

Yogyakarta dan  Denpasar masuk dalam daftar 50 kota dengan selfie terbanyak di dunia.

Hari Gizi Nasional, Ini 10 Tanda Gizi Buruk pada Bayi

Orang tua harus memiliki pengetahuan tentang gizi buruk pada anak sedini mungkin.

Studi: Varian Omicron Bertahan Lebih Lama di Kulit

Sebuah studi mengungkapkan jika varian Covid-19 Omicron dapat bertahan lebih lama daripada jenis virus sebelumnya pada permukaan plastik dan kulit manusia.

Viral! Ada Nasi Kucing Ayam Goreng, Begini Tampilannya

Nasi kucing kali ini berbeda dari biasanya lantaran diberikan ayam goreng dan dapat membuat orang yang melihatnya tertawa, begini tampilannya.

Gegara Video Ini, Ganjar Pranowo Dijuluki Gubernur Halu

Gara-gara mengunggah video ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dijulukui gubernur halu. Sang istri sampai ikut berkomentar!

Doa Ketika Anak Sakit Biar Diberi Kesembuhan Menurut Islam

Berikut ini terdapat doa ketika anak sakit biar segera diberikan kesembuhan menurut ajaran Islam yang dijelaskan Nahdlatul Ulama (NU).

Begini Cara Menangani Diabetes pada Anak Seperti Diidap Matthew White

Cara pertama menangani diabetes pada anak adalah rutin cek gula darah.

Mengenal Diabetes pada Anak Seperti Dialami Aktor Matthew White

Secara umum, ada dua jenis diabetes yang terjadi pada anak, yaitu diabetes tipe 1 dan 2.

Covid-19 Bisa Menjadi Seperti Flu Biasa, Asalkan Prokes Diterapkan

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyebut Covid-19 bisa menjadi flu biasa di masa mendatang.

Bolehkah Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan?

Nah, jika melihat seseorang yang mengalami tidur sambil berjalan ini, apa yang harus dilakukan?

Penting Perawatan Wajah Sebelum Tidur, Begini Caranya

Perawatan kulit di malam hari sebelum tidur berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Mengenal Metode Surrogate Mother Seperti Dilakukan Priyanka Chopra

Apakah yang dimaksud dengan metode surrogate mother atau surogasi seperti dilakukan Priyanka Chopra ini?

Haruskah Bayi Baru Lahir Menggunakan Sarung Tangan Setiap Saat?

Tak sedikit orang tua percaya penggunaan sarung tangan untuk bayi baru lahir adalah suatu hal yang wajib.

Efek Kekerasan pada Anak Bisa Berlanjut Hingga Dewasa

Tak hanya menimbulkan luka fisik, kekerasan pada anak juga menimbulkan trauma dan menghancurkan masa depan korban.

Ramai di Twitter, Apa Itu Husband Stitch yang Dialami Pascapersalinan?

Dalam waktu singkat, cuitan soal husband stitch tersebut pun menjadi viral.

Lebih Hemat Mana Ya, Pakai Listrik Prabayar atau Pascabayar?

Mana yang lebih hemat dan menguntungkan pakai listrik prabayar atau listik pascabayar?