Laku Karya Mahasiswa ISI Solo Masuk 10 Besar Film Pendek Kartu Prakerja

Film Laku karya mahasiswa ISI berhasil masuk 10 besar finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja.

 Film Laku karya mahasiswa ISI Solo berhasil masuk 10 finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Film Laku karya mahasiswa ISI Solo berhasil masuk 10 finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Film Laku karya mahasiswa ISI Solo berhasil masuk 10 besar finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja menggelar kompetisi film pendek kartu Prakerja dengan tema Dari Yang Tidak Bisa Menjadi Bisa.

Kompetisi tersebut dibuka pada mulai 27 Februari 2022. Total dari 654 ide cerita yang diterima, dipilih 10 ide cerita untuk mendapatkan pendampingan intensif oleh mentor profesional di bidang perfilman dan meraih dana hibah untuk produksi senilai Rp30 juta.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dalam acara Temu Raya Kartu Prakerja yang diselenggarakan di Sentul International Convention Centre, Bogor pada 17 Juni 2022 lalu, telah diumumkan karya film dari 10 pemenang ide cerita terbaik dalam kompetisi film pendek kartu prakerja tersebut dan mendapatkan penghargaan secara simbolis oleh Presiden Ir. Joko Widodo.

Karya mahasiswa ISI Solo berupa film Laku ini berkisah tentang tokoh Pras yang baru saja selesai ikut pelatihan dan sangat optimistis untuk mampu menuruti permintaan Roro, kekasihnya, yang ingin dilamar  ketika mereka sedang berkunjung ke Candi Prambanan. Namun ternyata Pras tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: ISI Solo dan Komunitas Nunggak Semi Ciptakan Batik Kreasi di Parangjoro

“Film tersebut bercerita tentang sebuah kisah pupusnya percintaan di kalangan anak muda masa kini, yang lebih dikenal dengan istilah ditinggal rabi [ditinggal menikah], sehingga dengan film ini bisa relate dengan segmen anak muda. Kami bangga dengan pencapaian luar biasa ini. Terima kasih almamater kebanggaan kami, di balik produksi film ini kami mampu berkolaborasi dengan sesama mahasiswa meskipun dari prodi yang berbeda-beda. Semoga hasil kerja keras dan prestasi ini selalu dapat menginspirasi,” ungkap Penulis Naskah, Daniel Andhika Morgana, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Rabu (10/8/2022).

Laku adalah sebuah karya film mahasiswa ISI Solo yang berhasil memperoleh satu tempat dari 10 finalis ide cerita terbaik nasional dalam kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja ini. Untuk diketahui bahwa karya film ini diproduksi oleh mahasiswa Prodi Film dan Televisi ISI Solo ditambah beberapa mahasiswa dari lintas program studi yang tergabung dalam komunitas Lembah Manah.

Baca Juga: Pura Mangkunegaran dan ISI Solo Kolaborasi Kembangkan Budaya & Seni

Tim ini terdiri atas Yosua Putra Wisena (Prodi FTV 2017) sebagai Produser, Riza Budi Utomo (Prodi FTV 2009/Alumni) sebagai Sutradara, dan Daniel Andhika Morgana (Prodi FTV 2018) sebagai Penulis Naskah. Selain itu ada Wiwit Pujiana (Prodi Seni Tari 2018), Gutami Hayu Pangastuti (Prodi Karawitan 2017) dan Vidyantoro Giri (Prodi Seni Rupa Murni 2017) yang ketiganya sebagai pemeran.

Sebanyak 10 karya film terbaik yang telah selesai diproduksi tersebut telah ditayangkan secara perdana di depan 8.000 orang lebih peserta Kartu Prakerja pada acara Temu Raya Kartu Prakerja. Untuk selanjutnya, film-film pemenang tersebut didistribusikan oleh pihak Kartu Prakerja.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Ini Karya Doodle Art ala Hima DKV ISI Solo

“Sebagai salah satu dosen mahasiswa-mahasiswa ini, bangga sekali dengan capaian prestasinya ini, tentunya kapasitas saya hanya bisa mengarahkan, membimbing dan membina terus teman-teman mahasiswa agar selalu tidak jumawa dan memaksimalkan potensi-potensinya supaya mampu terus berprestasi dan bersaing di luar kampusnya,” beber N.R.A. Candra Dwi Atmaja, S.Sn., M.Sn.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Uni Eropa Kecam Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina oleh Rusia

      Rusia dianggap Uni Eropa sebagai ancaman bagi keamanan global.

      Jadi Rujukan se-Indonesia, Ini Alasan Gus Baha Masih Ceramah Berbahasa Jawa

      Walaupun penggemar Gus Baha sudah menjangkau lintas suku dan daerah tapi ia masih sering menggunakan bahasa Jawa di setiap ceramahnya.

      Berulangkali Lakukan KDRT, Rizky Billar Sulit Lepas dari Jeratan Pidana

      Polisi juga meminta Lesti Kejora untuk melakukan visum untuk melengkapi laporannya.

      Gempa Bumi Tapanuli Utara Picu Kebakaran Pasar Sarulla

      Si jago merah melahap bangunan pasar Sarulla dengan kobaran yang besar.

      Puan Maharani Bacakan Ikrar di Hari Kesaktian Pancasila, Begini Isinya

      Ikrar Puan Maharani tersebut yang diamini semua peserta upacara Hari Kesaktian Pancasila.

      Kecam Lukas Enembe, Majelis Rakyat Papua: Tak Elok Judi Pakai Uang Korupsi

      Menurutnya, perjudian dengan menggunakan dana korupsi sangat tidak etis, karena di kampung-kampung di Papua masih banyak masyarakat yang miskin dan menderita.

      Perkuat Pengembangan Experiential Tourism dan Ecotourism Kalitaji Kulonprogo

      Keunikan landscape Lembah Kalitaji sangat potensial untuk pengembangan experiential tourism yang memberikan pengalaman bagi wisatawan.

      Kemenristekdikti Hadirkan 7 Program Kedaireka 2022

      Tujuh program Ekosistem Kedaireka yang diluncurkan meliputi Kedaireka Academy, RekaTalks, Match Making Innovation Forum, RekaPitch, CEO Mentorship, RekaPreneur, dan RekaPods.

      Jokowi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

      Presiden Joko Widodo alias Jokowi memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022). 

      Aktivis Papua Minta Lukas Enembe Hadapi Proses Hukum di KPK

      Aktivis Papua Charles Kossay meminta Gubernur Lukas Enembe berjiwa besar untuk menghadapi proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukannya.

      Kunjungan ke Gili Ketapang Probolinggo Naik Drastis Seusai Pandemi Mereda

      Pulau kecil di Probolinggo Jatim yang menawarkan keindahan alam bawah laut lewat snorkeling tersebut selama pandemi pernah nol kunjungan selama empat bulan.

      Tapanuli Utara Diguncang Gempa M 6.0, 1 Warga Meninggal Dunia

      Selain menyebabkan 1 warga meninggal dunia, gempa bumi di Tapanuli Utara Sumatra Utara juga menyebabkan sembilan orang terluka.

      Puan Bakal Bacakan Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila

      Sejumlah wakil rakyat menjadi petugas pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022), termasuk Ketua DPR Puan Maharani yang ditugasi membacakan dan menandatangani ikrar. 

      Masa Berlaku Paspor RI Jadi 10 Tahun, Begini Syarat dan Cara Penerbitannya

      Imigrasi menyatakan untuk wakru penerapan paspor dengan masa berlaku 10 tahun masih dalam tahap persiapan.

      Ini 4 Negara yang Eksis Komunis

      Komunis adalah salah satu ideologi yang diterapkan di beberapa negara. Hingga kini, eksistensi negara komunis masih ada.

      Besok Operasi Zebra 2022 Dimulai, Kakorlantas: Tilang Bukan Target, Tapi Tertib

      Operasi Zebra 2022 yang akan dilaksanakan selama 14 hari di seluruh wilayah Indonesia mulai 3-16 Oktober 2022.