SOLOPOS.COM - FOTO TRUK TERJEBAK LAHAR DINGIN : Truk Penambang Pasir Terjebak Lahar Dingin Merapi

Kronologi Lahar Hujan

* Sejumlah penambang nekat mengoperasikan alat berat di Zona Merah (larangan menambang) kawasan Kaliadem, Kepuhharjo, Cangkringan Sleman, Minggu (19/1). Ada dua alat berat dan belasan truk pasir beroperasi di zona merah itu dengan puluhan penambang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

*Saat itu kondisi cuaca buruk sekitar pukul 13.00 WIB diperkirakan hujan di puncak Merapi. Sedangkan di kawasan Kaliadem juga hujan sedang. Para penambang tetap mengoperasikan alatnya masing-masing.

Ekspedisi Mudik 2024

*Sekitar 30 menit setelah hujan, terjadi banjir lahar hujan yang datang secara tiba-tiba. Sejumlah penambang berhasil menyelamatkan diri. Ada satu truk nopol K 1979 EB dan satu alat berat yang masih terjebak banjir lahar hujan.

*Dalam hitungan menit kemudian truk dan alat berat semakin dipenuhi material lahar hujan. Sopir alat berat bernama Nur Kholis warga Srumbung Magelang berhasil menyelamatkan diri. Tetapi ia menderita luka di bagian kaki.

*Sementara sopir truk Hartono, asal Panjang, Bae, Kudus, Jawa Tengah terjebak di dalam kabin truk. Sedangkan kernetnya, Edi juga terjebak di atas kepala truk. Truk tersebut saat datangnya lahar tengah akan mengisi pasir.

*Keduanya berusaha menyelamatkan diri dengan keluar dari truk. Sopir yang keluar dari truk sempat pingsan saat keluar dari dari kabin. Sementara kernet terus berjibaku menyelamatkan diri. Kondisi truk sempat dipenuhi aliran lahar.

*Karena derasnya aliran lahar hujan keduanya (sopir dan truk) tidak berhasil menyelamatkan diri. Sementara relawan tidak memungkinkan melakukan penyelamatan karena derasnya aliran.

*Setelah aliran lahar hujan mulai reda evakuasi korban dilakukan. Kernet ditemukan tewas dengan kondisi kakinya patah dengan jarak terbawa aliran sekitar 400 meter. Sedangkan sopir juga ditemukan tewas terbawa arus sekitar 250 meter. Truk ikut berpindah lokasi akibat lahar sejauh 200 meter.

*Sekitar pukul 16.00 WIB korban dibawa ke RSUP Sardjito Jogja. Sedangkan truk dan alat berat hingga Minggu (19/1) petang masih dalam proses evakuasi menuju ke atas Sungai Gendol.

Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya