Lahan Terdampak Proyek Underpass Simpang Joglo Solo, Warga: Kami Butuh Waktu

Warga yang lahannya terdampak proyek pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, berharap diberi waktu untuk bersiap pindah sebelum lahan dibebaskan.

 Sosialisasi pengadaan tanah untuk pembangunan underpass Simpang Joglo di Pendapa Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (29/9/2022) pagi. (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Sosialisasi pengadaan tanah untuk pembangunan underpass Simpang Joglo di Pendapa Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (29/9/2022) pagi. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Warga pemilik lahan yang terdampak proyek pembangunan underpass di Simpang Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo, meminta kepastian jadwal pembebasan lahan dan pelaksanaan pembangunan underpass tersebut.

Sebagai informasi, saat ini proses pembebasan lahan untuk proyek underpass Simpang Joglo memasuki tahap sosialisasi. Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 3 Jateng mengundang warga terdampak untuk diberi sosialisasi di kantor kelurahan setempat.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pada Kamis (29/9/2022), Satker mengadakan sosialisasi di Pendapa Kelurahan Nusukan, Banjarsari, yang merupakan wilayah jumlah lahan terdampak paling banyak. Sosialisasi dibagi menjadi dua sesi yakni pagi dan siang hari.

Salah satu warga Nusukan, Ary Widhatmo Putro, 47, menjelaskan pengadaan lahan untuk underpass Simpang Joglo, Solo, bagi warga bukan soal uang pengganti dari pemerintah namun persiapan pindah rumah.

Pemerintah harus transparan khususnya menyampaikan linimasa pengadaan lahan. “Tanah ini kami beli, kami bangun, memiliki nilai historis luar biasa, tolong dihargai itu. Jangan hanya dirupiahkan,” jelasnya.

Baca Juga: Terbanyak, 107 Bidang Tanah di Nusukan Kena Proyek Underpass Simpang Joglo Solo

Dia mengatakan telah mendengar pengadaan lahan untuk rel layang Joglo sebelumnya berlangsung cepat. Dia khawatir informasi linimasa pembebasan lahan yang tak sampai ke warga membuat warga kurang persiapan.

Warga Minta Kepastian Timeline Underpass Joglo

“Mereka cepat sekali prosesnya, saya khawatir proses sedemikian cepat enggak masuk ke warga. Tahu-tahu warga tanda tangan, tahu-tahu menerima sekian. Warga butuh kepastian timeline supaya ada persiapan,” jelasnya.

Ary menjelaskan baru mendapatkan informasi seluruh aset bangunan dan rumahnya terdampak proyek underpass Simpang Joglo, Solo, saat sosialisasi hari itu. Keluarga Ary sudah merasa nyaman tinggal di RT 004/RW 002 Kelurahan Nusukan selama 20-an tahun.

Baca Juga: Underpass Joglo Solo Butuh Lahan 28.313 M2, Ini Lokasi yang Terdampak

Namun jika pemerintah menghendaki tanah tersebut ia merelakan karena memiliki fungsi sosial. “Saya enggak akan mengejar butuh sekian namun andaikan diganti ya diganti dengan baik dan diberikan waktu persiapan karena pindah rumah enggak mudah. Harus memulai lingkungan baru kadang mereka lupa hanya menyampaikan nominalnya,” ungkapnya.

Warga lainnya, Yanto Mulyowinarto, 65, mengaku mengetahui timeline pembebasan lahan dan pengerjaan proyek yang disampaikan saat sosialisasi meskipun tidak detail.  Menurutnya, timeline proyek itu bisa maju dan bisa mundur.

“Kemungkinan mundur iya. Namun kami ada gambaran-gambaran itu. Timeline penting supaya orang itu punya planning mau apa mau ke mana. Enggak kaget,” jelasnya.

Baca Juga: Siap-Siap! Ada Pembebasan Lahan Lagi untuk Proyek Simpang Joglo Solo

Pembayaran Lahan Terdampak Underpass Joglo

Sementara itu, Asisten Lahan Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 3 Jateng Agus Mulyanto menjelaskan bakal memberikan informasi linimasa pengadaan lahan dan proyek underpass Simpang Joglo melalui laman resmi Pemkot Solo.

Dia mengatakan detail engineering design (DED) rel layang Joglo sudah ada sejak 2018. Sementara Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Provinsi Jateng, dan Pemkot Solo baru memulai timeline pembangunan underpass pada 7 Januari 2022.

“Dalam penyusunan dokumen itu timeline kami Januari sampai Agustus 2022,” jelasnya. Dia mengatakan pekan kedua Oktober 2022 harus ada penetapan lokasi. Kemudian dilanjutkan tahap persiapan pengadaan lahan.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

Agus menambahkan warga bisa mengetahui nilai aset yang terdampak pembangunan pada awal Desember 2022. Diperkirakan jadwal pembayaran ganti untung pada tahun depan.

“Rencananya pembayaran awal tahun depan sampai Maret 2023 selesai.  Konstruksi pada 2023 namun belum dipastikan bulannya,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pemkab Klaim Tak Ada PHK di Boyolali, tapi Ada Pengurangan Jam Kerja

      Pemkab Boyolali melarang keras perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawan di Boyolali.

      Orasi Tuntas Subagyo di Hadapan Massa: Dukung IKN Nusantara & NKRI Harga Mati

      Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, menyampaikan orasi mendukung program pemerintah, salah satunya membangun IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

      Pecah! Nella & Woro Sukses Pukau Penonton Konser Tengah Sawah di Sukoharjo

      Tuntas Subagyo menyelenggarakan konser di tengah sawah dan perkampungan Purbayan, Sukoharjo dalam rangka launching YSNW dan Doa Bersama Lintas Agama pada Jumat (2/12/2022).

      Alhamdulillah Lega! Warga Bengle Boyolali Dapat Bantuan Sumur Bor dari KIPS

      Warga Dusun Cupit, Kabupaten Boyolali, mendapatkan bantuan pembuatan sumur dalam dari Komunitas Isuzu Panther Soloraya (KIPS) Peduli.

      Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta

      Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali pada 2023 diusulkan sebesar Rp2.155.712,29.

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.