Kantor PTPN X di tepi Jl. Pemuda, Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, dipagari, Jumat (18/10/2019). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Lahan bekas Kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X di Jl. Pemuda, Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, sudah dipagari, Jumat (18/10/2019).

Sebagaimana diinformasikan, lahan di seberang rumah dinas Bupati Klaten itu direncanakan untuk pembangunan hotel termewah di Klaten.

Pantauan Solopos.com, Jumat, sejumlah pekerja memasang pagar mengelilingi eks kantor tersebut selama beberapa hari terakhir. Pemasangan masih berlanjut pada Jumat hingga pemandangan halaman serta kompleks perkantoran PTPN tak terlihat dari jalan raya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto, mengatakan izin prinsip pendirian hotel tersebut sudah disetujui dan ditandatangani bupati. Dari izin prinsip, investor bisa mulai melakukan persiapan pembangunan.

“Ketika izin prinsip sudah keluar itu artinya sudah sesuai lokasinya. Kalau investor mau melakukan persiapan tidak masalah termasuk memasang pagar pengaman,” kata Agus saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Agus menjelaskan proses perizinan lainnya masih harus diurus investor. Dia mengatakan proyek pembangunan bisa dilakukan jika investor sudah mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

“Pemasangan pagar tidak masalah sambil berjalan mengurus perizinan lainnya seperti UKL dan UPL serta amdal dan andalalin. Mereka bisa membangun saat IMB sudah terbit. Soal kapan prosesnya bisa berlangsung itu tergantung dari kecepatan untuk mengurus perizinan,” jelas dia.

Investor yang bakal membangun hotel di eks kantor PTPN X yakni PT Wijaya Karya (Wika) (Persero) Tbk. Salah satu badan usaha milik negara (BUMN) tersebut bakal membangun hotel berkapasitas 108 kamar.

Hotel yang disebut-sebut bakal jadi jadi yang termewah di Klaten itu merupakan hotel bintang 3 dengan konsep boutique hotel. Hotel yang bakal menjadi tempat penginapan dengan kapasitas kamar terbanyak di Klaten tersebut bakal dilengkapi fasilitas lainnya seperti MICE, lahan parkir, kolam renang, serta taman.

Luas lahan eks kantor PTPN X yang akan disulap menjadi hotel sekitar 9.145 meter persegi dengan status tanah hak guna bangunan (HGB). Lokasi lahan dinilai strategis berada di tepi Jl. Pemuda pada sisi timur, Jl. Pramuka pada sisi selatan, dan lahan warga pada sisi utara dan barat.

Agus mengatakan pembangunan hotel tersebut diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di Kabupaten Bersinar. Selama ini, pengunjung berbagai objek wisata di Klaten cenderung menginap di wilayah Jogja atau Solo.

Densus 88 Ciduk 1 Wanita Terduga Teroris Di Karanganyar

Sementara itu, aktivitas perkantoran di PTPN X masih berlangsung hingga Jumat meski pagar tinggi sudah terpasang hampir mengelilingi kompleks kantor tersebut.

Sejumlah pekerja mengakui pemasangan pagar itu dilakukan PT Wika. Hanya, penanggung jawab kantor PTPN belum bisa ditemui saat Solopos.com mendatangi kantor tersebut, Jumat.

“Untuk saat ini yang bisa memberikan keterangan baru berada di lapangan,” kata salah satu petugas keamanan PTPN.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten