SOLOPOS.COM - Lahan yang disebut-sebut dibeli negara untuk dibangun rumah tempat tinggal Jokowi pasca lengser dari kursi Presiden. (Google map)

Solopos.com, KARANGANYAR – Tanah kosong di sekitar lokasi pembangunan rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pinggir Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, menjadi incaran para investor. Harga tanah di sekitar lokasi rumah Presiden Jokowi yang dibangun negara itu dipatok hingga Rp12,5 per meter persegi.

Presiden Jokowi mendapat rumah dari negara setelah masa jabatannya selesai pada 2024. Lokasi lahan rumah Presiden Jokowi terletak di timur rumah makam Taman Sari, di pinggir Jalan Adi Sucipto, Colomadu. Luas lahan kosong rumah Presiden Jokowi sekitar 3.000 meter persegi.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Lokasi tersebut cukup strategis lantaran berdekatan dengan wilayah Kota Solo. Jarak lahan kosong tersebut dengan Kota Solo kurang dari satu kilometer. Selain itu, wilayah Colomadu tak jauh dari Bandara Adi Soemarmo dan pintu jalan tol.

Hal ini menjadi magnet bagi para calon investor yang berminat menanamkan nvestasi di Solo dan sekitarnya. “Sejak ada informasi rumah Pak Jokowi yang akan dibangun di Colomadu, banyak calon investor yang mengincar lahan kosong. Jadi arahnya pengembangan bisnis,” kata seorang agen properti dari Point Property Solo, Alqurda Yayak Sudrajat, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (5/6/2023).

Yayak, sapaan akrabnya, mengatakan wilayah Colomadu tak hanya prospektif untuk bisnis sektor properti melainkan pengembangan bisnis lain. Bisnis sektor properti yang potensial selain rumah tapak yakni rumah toko (ruko) atau gudang.

Hal ini yang menjadi daya tarik utama para calon investor yang mengincar lahan kosong di wilayah Colomadu, Karanganyar. “Apalagi nanti jika jalan tol Solo-Jogja-Bandara Internasional Yogyakarta sudah resmi beroperasi. Wilayah Colomadu semakin menjadi incaran calon investor yang hendak mengembangkan lini bisnisnya,” ujarnya.

Lebih jauh, Yayak mengatakan nilai tanah di wilayah Colomadu bakal semakin meningkat setiap tahun. Hal ini juga menjadi alasan utama calon investor maupun perseorangan membeli lahan kosong di Colomadu, Karanganyar.

Harga lahan kosong di Colomadu bisa terpantau di situs jual beli properti dan tanah, Rumah.com. Di salah satu iklan, lahan kosong seluas 5.000 meter persegi ditawarkan senilai Rp62,5 miliar. Dengan kata lain, harga tanah satu meter persegi dibanderol senilai Rp12,5 juta.

Lokasi lahan kosong terletak di pinggir Jalan Adi Sucipto yang menghubungkan wilayah Colomadu, Karanganyar-Kota Solo. Lahan kosong itu sangat cocok untuk investasi lantaran cukup luas dan strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya