Lahan Diukur, Pembangunan New Kemukus Sragen Segera Dimulai
Pengguna jalan melintasi Jembatan Barong sebagai akses menuju Objek Wisata Gunung Kemukus belum lama ini. (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Proyek pembangunan The New Kemukus di Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang menelan anggaran Rp65 miliar segera dimulai. Penataan Objek Wisata Religi Gunung Kemukus secara besar-besaran itu sudah memasuki tahap pengukuran lahan.

Pengelola Objek Wisata Religi Gunung Kemukus, Suparno, mengatakan pengukuran lahan sudah digelar dalam beberapa hari terakhir. Pengukuran lahan itu melibatkan sejumlah instansi seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana selaku pengelola Waduk Kedung Ombo (WKO), dan rekanan pemenang lelang proyek.

"Kemarin kebetulan saya ikut proses pengukuran lahan hingga sore. Pengukuran lahan itu menandai awal dimulainya proyek," terang Suparno kepada Solopos.com, Kamis (22/10/2020).

Didugat Soal Penahanan Penangkap Maling, Ini Tanggapan Polres Klaten

Suparno menjelaskan semua lahan yang terdampak proyek penataan objek wisata sudah bersih dari bangunan liar. Pembongkaran bangunan liar itu, kata Suparno, dilakukan oleh warga sendiri dengan kesadaran penuh. Warga dinilai sudah menyadari bila mereka menempati lahan yang bukan menjadi hak mereka.

"Sekarang semua lahan sudah steril dari bangunan liar. Setelah pengukuran lahan selesai, pembangunan bisa langsung dimulai," papar Suparno.

Kemen-PUPR memangkas anggaran untuk pembangunan The New Kemukus Sragen dari Rp88 miliar menjadi Rp65 miliar. Hasil pemangkasan anggaran sebesar Rp23 miliar itu digunakan untuk penanggulangan Covid-19. Dana Rp65 miliar itu direalisasikan multi-years dengan dua tahun anggaran.

Gandeng Nokia, NASA Bakal Bangun Jaringan 4G di Bulan

The New Kemukus diproyeksikan sebagai tempat wisata keluarga dan religi untuk menghapus kesan negatif dari objek wisata ini. Sebagai objek wisata keluarga, The New Kemukus akan dilengkapi sejumlah wahana permainan anak, wisata air dan arena outbond.

Keberadaan Makam Pangeran Samodro bakal direvitalisasi karena menjadi daya tarik sebagai objek wisata religi. Proyek The New Kemukus juga menyasar pembangunan gapura selamat datang, tempat kuliner, sarana publik di bibir WKO, taman, area parkir dan lain-lain.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom