SOLOPOS.COM - Ilustrasi menjemur cengkih (Rachman/JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memperluas lahan cengkih seluas 340 hektare di lima kecamatan setempat.

Plh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) Kulonprogo, Muhammad Aris Nugroho mengatakan, sejak 2012, Dispertan berupaya mendampingi masyarakat di Kecamatan Samigaluh, Girimulyo, Kalibawang, Pengasih dan Kokap memperluas dan merawat tanaman cengkih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Cengkih merupakan produk unggulan Kulon Progo. Hasil produksi cengkih setiap tahunnya mengalami peningkatkan. Pada 2013, produksi cengkih mencapai 355,61 ton cengkih kering. Hal ini adalah keberhasilan dari perluasan lahan cengkih dan rehabilitasi tanaman yang ada,” kata Aris, Jumat (18/4/2014).

Ia mengatakan, komoditas cengkih sangat potensial dikembangkan di Kulonprogo. Sebab, komoditas ini mampu meningkatkan pendapatan petani dan mengangkat perekonomian disektor perkebunan.

Aris mengatakan, luasan lahan cengkih di Kulonprogo saat ini mencapai 2.897,9 hektare, di Samigaluh 1.281,15 hektare dan Girimulyo 850,4 hektare. Untuk mendukung perluasan lahan cengkih, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian memberikan bantuan berupa bibit cengkih sebanyak 11.500 batang, pupuk organik bersubsidi sebesar 340 ton, pupuk NPK sebanyak 71,25 ton, terpal sebanyak 153 buah dan pompa air sebanyak empat unit.

“Bantuan bibit ini untuk peremajaan dan intensifikasi tanaman cengkih yang sudah tidak produktif. Pupuk organik dan NPK untuk mempercepat pertumbuhan bibit, sedangkan terpal diperbantukan kepada petani untuk menjemur cengkih yang telah dipetik. Pompa air digunakan untuk kelompok petani yang areanya sulit dari jangkaun air,” kata Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya