SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas depan pagar seng pembangunan perumahan yang diduga berdiri di atas tanah kas desa di Jalan Melon Mundusaren, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, Jumat (14/10/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Solopos.com, JOGJA — Penyalahgunaan tanah kas desa untuk perumahan muncul lagi di Kalurahan Caturtunggal dan Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. Delapan orang diperiksa terkait penyalahgunaan tanah kas desa tersebut.

Kepala Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta, Noviar Rahmad, mengatakan pihaknya memanggil delapan orang terkait pemanfaatan tanah kas desa yang digunakan untuk perumahan di Caturtunggal dan Condongcatur.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Noviar menuturkan penyalahgunaan tanah kas desa tersebut terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat. Di dua kalurahan tersebut didapati telah dibangun sejumlah rumah.

“Bentuk usahanya rumah. Itu banyak yang bentuk klaster, ada yang empat rumah isinya, ada yang isinya satu rumah,” kata dia, Selasa (30/5/2023).

Lebih lanjut, dia menjelaskan hunian yang dibangun di tanah kas desa itu luasnya beragam, antara lain seluas 100 meter persegi, 200 meteri persehi, dan 300 meter persegi. Selain itu, Noviar menyampaikan ditemukan juga dalam lahan tersebut sudah di petak-petakkan atau kavling.

Hingga saat ini, kata Noviar, Satpol PP DIY masih terus mendalami kasus pemanfaatan tanah kas desa tersebut. Delapan orang yang hari ini dipanggil telah dimintai keterangan terkait dengan izin pemanfaatan tanah kas desa tersebut.

“Total yang dipanggil ada delapan orang, tapi masih dalam proses,” ujar dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Perumahan di Caturtunggal dan Condongcatur Berdiri di Tanah Kas Desa, 8 Orang Dipanggil Satpol PP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya