SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat foto di handphone. (GettyImages)

Solopos.com, BANGKOK -- Seorang anggota parlemen Thailand melakukan tindakan kurang terpuji. Dia tepergok melihat foto wanita bugil di handphonenya saat rapat parlemen.

Seperti dilaporkan BBC Thai dan Bangkok Post, Kamis (17/9/2020), Ronnathep Anuwat wakil wilayah Chon Buri dari Partai Palang Pracharath, tertangkap kamera wartawan sedang melihat foto wanita bugil di HP selama 10 menit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal saat itu dia sedang mengikuti rapat yang membahas anggaran di gedung parlemen pada Rabu (16/9/2020) waktu setempat. Namun, parlemen Thailand menyatakan tidak bisa menghukumnya karena itu persoalan pribadi.

Dalam pembelaannya, Ronnathep mengaku dirinya tidak mengenal wanita itu. Anggota parlemen ini menceritakan, awalnya wanita itu meminta tolong yang kemudian diikuti dengan dikirimnya foto bugil itu.

Hari Ini Dalam Sejarah: 17 September 1811, Inggris Menguasai Jawa

Ronnathep menambahkan bahwa dirinya berupaya mencari tahu motif wanita itu saat dia melihat fotonya selama rapat parlemen. Dia menegaskan dirinya segera menghapus foto wanita itu saat mendapati bahwa wanita itu meminta uang.

Lebih lanjut, Ronnathep menjelaskan alasannya memperbesar foto bugil wanita itu beberapa kali. Yakni untuk melihat apakah dia dipaksa oleh gangster.

"Saya mengamati lingkungan di sekitar gadis di dalam gambar itu untuk menentukan apakah dia dilecehkan oleh beberapa gangster dan dipaksa mengambil foto semacam ini atau tidak," ujar anggota parlemen ini seperti dilansir Detik.com.

Bukan Arus Pendek, Ternyata Ini Asal Api yang Membakar Gedung Kejagung

Rival Politik

Dinyatakan Ronnathep bahwa dirinya telah menjelaskan semuanya kepada pemimpin partainya. "Saya diperingatkan untuk berhati-hati, jadi saya memberitahu partai saya bahwa saya tidak memahami tujuannya (wanita itu) karena pesan awal yang dikirim bukan foto ini!" tegasnya.

Ronnathep mengklaim dirinya ditargetkan oleh rival-rival politiknya yang ingin mendiskreditkan dirinya. Dia juga menyebut dirinya difitnah secara politik karena sebagai anggota parlemen memiliki banyak rival politik.

Menindaklanjuti insiden ini, Ketua Parlemen Thailand, Chuan Leekpai, menyatakan Ronnathep tidak akan dihukum karena melihat foto cabul di telepon genggam. Karena itu menjadi persoalan pribadi dan tidak bertentangan dengan peraturan parlemen.

Protes Minta Akses Toilet Umum, Youtuber Ini BAB di Depan Rumah Ketua DPR

Namun, sebut Chuan, jika ada laporan yang diajukan maka parlemen akan mempertimbangkan. Apakah Ronnathep telah melanggar kode etik parlemen atau tidak.

Di masa lalu, menurut Bangkok Post, tidak pernah ada laporan yang diajukan terkait anggota parlemen melihat foto tak pantas di gedung parlemen. Hanya ada laporan soal anggota parlemen yang mengenakan pakaian tidak pantas saat sidang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya