Lagi, Pelaju Positif Covid-19, Total Kasus di Salatiga Jadi 117 Orang
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, SALATIGA – Kasus terkonfirmasi atau positif Covid-19 di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), kembali bertambah, Selasa (11/8/2020). Ada tambahan dua orang lagi di Salatiga yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Dari dua orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu, salah satunya merupakan remaja putra berusia 13 tahun asal Tegalrejo, Argomulyo. Sedangkan satu orang lagi merupakan laki-laki berusia 39 tahun dari Kelurahan Tingkir.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, mengungkapkan riwayat penularan dua pasien baru tersebut. Pasien remaja putra riwayat penularannya dari pasien kasus 115, yakni seorang laki-laki berusia 55 tahun.

Duh, Hoaks Warga Satu RT di Ngargoyoso Karanganyar Jalani Tes Swab

“Sedangkan satunya [pasien kasus ke-117] memiliki riwayat pelajon [pelaju] Salatiga-Semarang. Keduanya menunjukkan gejala [Covid-19] dan menjadi suspek di rumah sakit,” ujar Zuraidah, Selasa petang.

Kasus warga Salatiga yang setiap harinya melakukan perjalanan ke Semarang untuk bekerja dan terinfeksi Covid-19 ini bukan kali pertama terjadi. Bahkan, kasus kematian akibat Covid-19 kali pertama di Salatiga dialami seorang perempuan yang setiap harinya melaju ke Semarang, untuk bekerja di Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Zuraidah menambahkan saat ini kasus konfirmasi Covid-19 juga menunjukkan fenomena yang berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya mayoritas pasien positif Covid-19 ditemukan dari orang tanpa gejala (OTG), kali ini justru banyak ditemukan pada pasien yang sudah menunjukkan gejala.

Catat, Ada Bansos Rp2,4 Juta untuk 23.000 Pelaku Usaha di Karanganyar

“Akhir-akhir ini ada saja setiap hari kita temukan 1-2 kasus konfirmasi positif Covid-19 dengan gejala. Maka itu kita minta masyarakat untuk lebih patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan malah kendur,” tutur Zuraidah.

 

Total 119 Orang

Dengan bertambahnya pasien positif Covid-19, praktis saat ini total kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Salatiga mencapai 119 orang. Perinciannya, 9 orang pasien masih dirawat, dua orang meninggal dunia, dan 106 orang dinyatakan sembuh.

Selain mengumumkan data terkini kasus positif Covid-19, dalam kesempatan itu Zuraidah mengumumkan adanya satu kasus probable yang mengalami kematian.

Kerusuhan di Solo, Polisi Sudah Tangkap 3 Pelaku Pengeroyokan

Meski demikian, Zuraidah enggan menyebutkan secara terperinci karena hasil pemeriksaan swab pasien yang meninggal dunia itu belum keluar.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom